6 Model Tangga Rumah Minimalis yang Unik dan Cantik


Homeshabby.com -- Mendesain tangga pada rumah minimalis terbilang gampang-gampang susah. Dikatakan mudah, sebab kita dapat memilih model tangga minimalis yang simpel dengan biaya pembangunan yang lebih terjangkau. Di sisi lain dikatakan susah, sebab space yang minim membuat kita harus memutar otak untuk menempatkan tangga penghubung dua lantai dengan pas. Mendesain tangga juga memerlukan cara khusus, supaya ketika anak tangga diinjak tetap aman, begitu pun dengan jarak tiap anak tangga harus didesain dengan ukuran yang pas supaya kaki tidak cepat lelah kala menaiki tangga rumah. Sebagai inspirasi kami hadirkan ulasan 6 Model Tangga Rumah Minimalis yang Unik dan Cantik. 


Model Tangga Rumah Minimalis Berbentuk Spiral 

cr:instagram/aliyasmin_28

Model tangga minimalis dibuat berputar mengelilingi sebuah tiang. Desainnya pun terbilang ramping dan tidak memakan banyak tempat. Desain tangga spiral minimalis ini juga cocok ditempatkan di area taman untuk menghubungkan taman dengan balkon di lantai dua. Desain tangga spiral ini dilengkapi dengan railing dan anak tangga yang terbuat dari material besi. Material besi yang digunakan cukup kokoh untuk menyangga berat ketika kita menginjak anak tangga tersebut. 

Model Tangga Rumah Minimalis dengan Lampu Sorot

cr:instagram/citraki

Dalam mendesain tangga pastikan kemiringan tangga tidak terlalu curam, lebih dari 40 derajat. Desain tangga yang terlalu curang dapat membuat kaki terasa lebih capek saat menaiki tiap anak tangga. Pastikan panjang pijakan datar berkisar antara 20-30 cm supaya sesuai dengan langkah kaki. Tinggi pijkan pun lebih baik dibuat antara 15-20 cm supaya, saat mengangkat kaki tidak terlalu tinggi dan lebih aman untuk anak-anak dan lansia. Untuk finishing, Anda bisa menambahkan lampu sorot di bawah anak tangga untuk membuat tampilan tangga makin terlihat ekslusif. 


Model Tangga Rumah dari Material Conwood

cr:instagram/dhouse_dzds

Ada baiknya Anda menghindari material beton kala mendesain tangga rumah minimalis. Tangga beton cenderung memiliki ukuran yang besar dan memakan banyak ruang. Sehingga kurang cocok untuk desain tangga untuk rumah minimalis.

Anda dapat memilih tangga dari material conwood yang terbuat dari campuran serat fiber dan semen Portland. Tangga conwood  juga lebih ramah lingkungan. Sebagai pengaman dipilih railing dengan bahan perforated plate dan kayu jati untuk memberik sentuhan industrial yang modern dan elegan. 


Model Tangga Rumah Minimalis dengan Positive Vibe

cr:instagram/dian_safaraz

Memberikan sentuhan positif bisa dilakukan pada tangga rumah minimalis. Anda dapat memasang stiker dengan kata-kata motivasi untuk memberikan mood positive di dalam rumah. Tulisan ini dapat dibaca ketika kita menaiki anak tangga. Desain anak tangga pun tidak dibuat terlalu curam, sehingga lebih aman untuk anak-anak kita. 


Model Tangga Rumah Minimalis dengan Sentuhan Alami

cr:instagram/f3home

Mendesain tangga rumah minimalis sentuhan warna-warni alam, seperti coklat kayu dapat memberikan ketenangan pada hunian kita. Area bawah tangga pun bisa dimaksimalkan untuk kabinet penyimpanan, sehingga tidak ada sisa space yang tidak terpakai. Anda pun dapat meletakkan satu hingga dua buah tanaman di area tengah tangga, untuk menyegarkan suasana di area tersebut. 


Model Tangga Minimalis untuk Mezanin

cr:instagram/m_indriani

Hunian dengan konsep mezanin memang memerlukan tangga sebagai akses menuju ruang mezanin. Desain tangga bisa dibuat minimalis dengan warna putih dan pijakan dari material kayu yang kokoh. Railing tangga pun dibuat menyatu dengan railing di area mezanin agar lebih aman dari berbagai risiko. 


Terimakasih telah selalu stay on pada Homeshabby.com yang memberikan berbagai inspirasi menarik untuk pengalaman baca lebih menarik.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.

Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.

Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.