Desain dan Denah Rumah Modern Ukuran 6 x 13 M Dua Lantai Memiliki Ruang Gym dan Atap Pelana Kombinasi Setengah Miring

 


Homeshabby.com -- Hallo bund, happy new years... Semoga di tahun yang baru ini kita semua di berikan kesehatan dan rizki berlimpah untuk dapat mewujudkan rumah impian bersama keluarga. Kali ini homeshabby.com akan membagikan desain dan denah rumah modern dengan ukuran 6 x 13 m dua lantai yang memiliki fasilitas lengkap untuk keluarga. Selain memiliki fasilitas kamar dan juga ruang untuk kegiatan bersama, rumah ini memiliki ruang khusus olahraga cocok untuk anda yang menyukai hidup sehat. Eksterior rumah ini juga tampil modern dengan kesan ramah lingkungan. Bukaan yang di aplikasikan pada rumah ini nampak segar karena adanya ventilasi yang cukup terbuka. Tak perlu panjang lebar, berikut penjelasan mengenai desain dan denah rumah modern ukuran 6 x 13 m.



Nampak fasad depan 

Rumah modern ukuran 6 x 13 m ini tampil terbuka dengan material ramah lingkungan. Meskipun modern, rumah ini tetap memperhatikan bukaan yang dapat membuat interior rumah sejuk tanpa pengap. Ventilasi dengan model sekat yang terbagi di tiap sisinya ini memberikan dimensi dan tampil estetik. Anda bisa memilih kusen dari material yang berbeda seperti, uPVC, kayu, almunium dan juga besi. Begitu juga dengan kusen kayu pada rumah ini, pemilik memilih kusen dari material modern uPVC agar lebih classy. Eskterior yang di pilih pun tak nampak banyak menambahkan gradasi warna berbeda, jika anda menginginkan kesan modern namun tetap terkesan minimalis dan sederhana, gunakan saja eksterior abu-abu dan juga kombinasi warna putih serta coklat untuk kontras warna yang lebih mencolok.

Jika anda mengingikan kesaan terbuka namun tetap tampil privasi untuk bagian fasad, penggunaan perforated metal atau besi berlubang seperti yang terlihat. Finishingnya bisa anda ikutkan dengan tampilan eskterior rumah yang terkesan modern minimalis agar lebih serasi. Model pagar pintu ini lebih cocok untuk di aplikasikan jika materialnya dari perforated metal, sehingga anda bisa mengkombinasikan dengan sekat-sekat agar tampil klasik dan sederhana. Nampak vertikal garden yang di aplikasikan pada sisi kiri pagar ini sangat membantu hawa segar dan terasa natural bisa anda coca terapkan di rumah.



Nampak sisi kiri rumah

Tak meninggalkan unsur segar dan alami, anda bisa menyisakan sedikit lahan pada desain dan denah rumah ukuran 6 x 13 m ini dengan mini garden di area depan. Tak perlu khawatir dengan sistem resapan dan juga drainasenya, rumah ini bisa terhindar dari banjir di musim hujan tiba. Anda bisa menanam gorong-gorong di bagian depan dengan timbunan beton di atasnya agar lebih kuat dan tak retak ketika debit air meningkat. Beralih ke bagian lantai dua pada rumah ini, railing sebagai pembatas balkon pun dipilih dengan material besi yang memiliki sekat dengan jarak cukup renggang. Hal ini tentu akan memberikan keamananan jika pemilik rumah memiliki "baby". Penggunaan dinding sopi-sopi pada bagian atap rumah ini dipilih dengan material bata ekspos untuk memberikan tampilan natural dan lebih ramah lingkungan meskipun tampak mdoern dari bagian fasad.



Fasad atap rumah

Sebagai pengaman interior rumah, sebuah hunian tentu akan menggunakan atap sebagai komponen utama dalam kosntruksi rumah yang tidak mungkin untuk di tinggalkan. Pada desain rumah modern ukuran 6 x 13 m ini, pemilik menggunakan model pelana dengan tiap sisi yang memiliki kemiringan berbeda bisa anda lihat dari bagian fasad depan. Material yang  dipilih berupa genteng flat beton untuk struktur kuat dan tahan lama. Karena rumah ini memiliki ruang gym khusus olahraga yang berada di balkon lantai dua, pemilik menggunakan kanopi kaca sebagai perlindungan panas dan juga hujan. Dipilih material kaca untuk penghawaan lebih segar dan terbuka. Begitu juga dengan bagian carport yang memilih material kanopi kaca dengan tujuan sama.



Pembagian denah rumah dengan ukuran lantai 1 

Tak perlu bingung dengan pembagian ruang dan ukuran pada desain rumah modern ini, pemilik memiliki ruang cukup luas dengan penataan sebagai berikut :

- Fasad rumah ini memiliki teras ukuran 1 x 3 m, taman depan ukuran 2 x 4 m dan carport ukuran 4 x 4 m.
- Memasuki bagian interior rumah, terdapat ruang tamu berukuran 4 x 2.5 m yang open plan dengan ruang keluarga dan dapur berukuran 4 x 5.5 m dan terdapat tangga rumah di depan ruang keluarga selebar 1 x 5 .5 m.
- Terdapat dua kamar tidur ukuran 3 x 3 m dan kamar mandi ukuran 3 x 2 m.



Pembagian denah rumah dengan ukuran lantai 1 

Beralih ke rumah modern ukuran 6 x 13 m yang di lantai dua, rumah ini memiliki pembagian ruang dengan ukuran sebagai berikut :

- Menaiki tangga rumah kita akan menemui laundry room ukuran 2 x 1.5 m, lorong untuk menuju kamar mandi ukuran 2 x 1.5 m dan kamar mandi di lantai dua ukuran 2 x 1.5 m.
- Pada lantai dua rumah ini memiliki  kamar tidur utama berukuran 4 x 4 m, ruang olahraga atau gym di area balkon berukuran 2 x 3.5 m dan balkon ukuran 3.5 x 4 m.

Itulah sedikit pembahasan mengenai desain dan denah rumah modern ukuran 6 x 13 m yang memiliki ruang privasi dan publik area serta eksterior menarik ramah lingkungan lebih homey.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.