Desain dan Denah Rumah Ukuran 15 x 20 M Dengan Atap Perisai, Ada Gazebo Di Belakang Cocok Untuk Lahan Besar Di Desa


Homeshabby.com -- Lahan besar di area pedesaan memberikan ketenangan bagi yang akan membangun rumah dengan ukuran luas. Nah kali ini, homeshabby.com akan membagikan desain dan denah rumah ukuran 15 x 20 m yang memiliki eksterior minimalis dengan struktur atap perisai serta memiliki gazebo belakang rumah lebih menyenangkan. Anda bisa menyesuaikan ukuran lahan yang dimiliki untuk membangun rumah, namun tetap memperhatikan beberapa elemen terpenting yang mendukung rumah. Seperti penyediaan saluran air, resapan air hingga saluran pembuangan yang sangat di perlukan untuk memberikan kenyamanan bagi anggota keluarga dan tentunya untuk menjaga lingkungan sekitar. Tanpa panjang lebar, berikut simak ulasannya ya bund. Semoga anda selalu di berikan kesehatan dan juga rizki yang lancar untuk segera dapat mewujudkan impian membangun rumah bagi keluarga tercinta. Amiin.



Fasad depan rumah

Dengan ukuran 15 x 20 m, rumah ini memiliki tampilan sederhana dengan adanya kombinasi yang cantik namun tidak berlebihan. Untuk memberikan kesan minimalis, pemilik hanya menggunakan warna putih, abu dan sedikit material batu alam agar terkesan lebih dark dan berdimensi. Penggunaan ventilasi udara yang nampak estetik ini memiliki bentuk unik dengan sekat yang berbeda di sisi rumah dari kaca polos transparan agar lebih terbuka. Agar menjadi kombinasi yang tepat, anda bisa menggunakan topi-topi di bagian teras dan juga jendela untuk menambah kesan estetik dan terlindung dari tampias serta panas matahari. 
 
Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa komponen utama yang dapat mempengaruhi kekuatan rumah itu sendiri. Misalnya saja dari material yang dipilih mulai konstruksi pondasi, kolom hingga stuktur atap dari rumah. Sehingga selain memiliki rumah besar ataupun kecil, anda tetap mempertimbangkan elemen dasar dari konstruksi rumah agar kuat dan tahan lama.
 


Sisi rumah

Memiliki rumah besar seperti desain dan denah rumah ukuran 15 x 20 m ini, anda bisa mengabaikan penggunaan pagar jika menginginkan kesan terbuka dan lebih lapang. Agar rumah semakin asri dan menyejukkan, anda bisa menambahkan mini garden pada sisa space yang di bagian depan dan juga berfungsi untuk resapan air. Agar cukup memberikan ruang antara ruas jalan dan rumah, anda bisa menaikkan elevasi pada bagian teras dan juga taman. Hal ini tentunya akan memberikan suasana yang nyaman, apalagi di musim penghujan seperti sekarang untuk menghindari terjadi air naik ketika debit air hujan tinggi. Biasanya memiliki rumah juga harus memperhatikan saluran drainase untuk menghindari air meluap ketika penghujan, anda bisa membuat saluran drainase di bagian depan dengan gorong-gorong yang tertutup cor beton agar tak terlihat dan terasa nyaman.
 

Fasad atap rumah

Ukuran 15 x 20 m terbilang cukup besar dan megah, anda bisa menggunakan satu model atap saja untuk memberikan kesan yang sederhana namun modern dari tampilan fasad depan rumah. Model atap pada rumah ini dipilih dengan model perisai yang terlihat mengerucut dari bagian depan dan terkesan sederhana. Kemiringan yang di buat pun simetris pada tiap sisi untuk memberikan ruang pada air langsung turun ke bawah tanpa terjadi rembesan. Anda bisa menggunakan material genteng flat beton, keramik ataupun bitumen yang mana material tersebut memiliki keunggulan masing-masing dan bisa anda sesuaikan dengan budget yang ada.
 
Model atap  perisai ini hanya di aplikasikan pada masa bangunan inti saja, namun untuk atap bagian carport pemilik hanya menggunakan dak cor beton agar terkesan industrial dan modern. Karena di bagian belakang rumah ini terdapat area yang sering di gunakan untuk outdoor, pemilik juga menggunakan penutup dak cor beton dan juga satu bagian yang di biarkan kosong tanpa atap untuk memberikan kesan terbuka dan lebih sejuk.


Pembagian ruang

Rumah ukuran 15 x 20 m ini memiliki pembagian ruang yang cukup sesuai dan fungsional menyesuaikan lahan yang ada. Carport yang berada di samping rumah ini memiliki ukuran memanjang bisa anda gunakan untuk parkir kendaraan pribadi atau bisa di alih fungsikan untuk menjadi tempat usaha tour and travel. Ruang tamu yang pada umumnya berada di depan ini juga sama di letakkan pada rumah ini. Memiliki fasilitas tiga kamar tidur yang di gunakan untuk menunjang kebutuhan anggota keluarga di lengkapi ventilasi lebih terbuka. 



Denah dan ukuran 

Pembagian ruang pada rumah ukuran 15 x 20 m ini memiliki ruang antara lain sebagai berikut :

Teras depan rumah ukuran 3.5 x 1.5 m, taman depan ukuran 4.5 x 3.5 m, carport ukruan 4 x 3.5 m dan halaman samping rumah ukuran 12.5x 3.5 m. Memasuki bagian dalam rumah, terdapat ruang tamu ukuran 3.5 x 4 m, dua kamar tidur ukuran 3.5 x 4 m, ruang keluarga ukuran 4 x 6 m, teras samping rumah ukuran 4 x 1.5 m, dua kamar mandi umum ukuran 2 x 1.5 m, kamar tidur utama ukuran 5 x 5 m, dapur semi outdoor dan juga ruang makan tergabung menjadi satu ukruan 3 x 4 m, gudang belakang ukuran 1.5 x 2.5 m, area laundry dan jemur ukuran 3.5 x 2.5 m, kolam renang ukuran 3 x 2.5 m dan gazebo ukuran 3 x 2.5 m.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Noman desain rumah


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.