6 Trik Mendesain Ruang tamu Kecil Agar Terlihat Luas



Homehsbby.com -- Semakin padat jumlah penduduk yang ada, tentunya menjadi kendala tersendiri ketika akan membangun rumah dengan ukuran yang besar. Anda pastinya akan di sibukkan dengan penataan ruang dan memilih interior yang pas agar ruangan terasa nyaman untuk di gunakan. Ruangan dengan ukuran rumah yang tidak begitu besar dapat menjadi hambatan si pemilik sendiri untuk menata agar terlihat cantik dan lebih luas. Area pertama yang kerap kali di gunakan untuk menerima kerabat tak lain adalahruang tamu. Nah mulai dari sini saja tentu anda akan bingung menata dan memilih interior yang tepat seperti apa. Agar masalah tersebut usai, beberapa trik mendesain ruang tamu kecil agar terlihat luas ini bisa anda jadikan referensi jika memiliki rumah baru dengan ukuran yang terbatas. 



Mengatur pencahayaa dari ventilasi

Ruang tamu by : bloginnara

Dengan ukuran yang terlihat mungil, anda bisa menggunakan trik agar ruang tamu di rumah terlihat lebih luas pada biasanya. Gunakan saja ventilasi udara yang di letakkan di bagian terdekat pintu utama dengan memasangkan gorden agar lebih privasi. Trik mendesain ruang tamu seperti ini sangat cermat untuk di gunakan dan sederhana di lakukan oleh beberapa orang. Anda bisa menggunakan interior yang tidak berlebihan agar tak terasa penuh dan pengap. Dekorasi pada ruang tamu ini juga di perlukan untuk memberikan tampilan lebih stylish dan terlihat menarik. 


Menggunakan jendela ukuran besar


Ruang tamu by : cutdewi62

Ukuran kecil dan terasa pengap tentu akan membuat perasaan tak nyaman, apalagi jika ada tamu yang sering datang ke rumah. Hal ini tentu akan sangat mengganggun jika terus menerus terjadi. Nah agar ruang tamu di rumah semakin airy meskipun dengan ukuran yang kecil, anda bisa meletakkan jendela berukuran besar serta menambahkan jalusi di atas pintu utama untuk menambah kesan terbuka dan lega. Sofa yang anda pilih pun pastikan dengan ukuran yang pas menyesuakan ruang agar semakin nyaman dan tidak terasa penuh. Standing lamp yang berada di sudut sofa pun juga dapat memberikan tampilan ruang tamu ini semakin estetik dan terasa terang ketika di malam hari.



Memilih ukuran sofa yang pas


Ruang tamu by : destimerinova

Interior yang di gunakan untuk ruang di rumah tentunya akan sangat mempengaruhi luas tidaknya suatu ruang. Jika anda memiliki ruang tamu dengan ukuran yang terbilang cukup kecil, anda bisa memilih sofa dengan ukuran dan bentuk yang sesuai agar ruang tidak terasa penuh. Kombinasikan juga dengan arm chair yang dapat memberikan ruang bagi tamu yang datang. Anda bisa menambahka cuhsion dengan ukuran kecil bermotif berbeda untuk memberikan dimensi pada ruang lebih estetik, begitu juga dengan karpet bermotif monokrom pada ruang ini.



Memasang dekorasi unik sebagai pengalih perhatian

Ruang tamu by :evienion

Memberikan kesan luas pada ruang tamu tidak perlu dengan hal ribet dan malah akan memusingkan anda sendiri. Anda bisa simpel dengan menggunakan penyekat ruang yang fungsional seperti ini untuk mengalihkan perhatikan jika ruang tamu di rumah berukuran kecil. Gunakan pembatas ruangan ini untuk menempatakan beberapa koleksi buku kesayangan atuapun dengan bungan sintetsi agar lebih cantik. Trik seperti ini tentunya akan sangat berguna dan memberikan kesan homey lebih terasa.


Konsep open plan dengan ruang lainnya

Ruang tamu by : lisnala

Memberikan pembatas ruang untuk area di rumah terkadang memang di perlukan. Namun tidak semua ruang perlu penyekat lho bund. Mengapa demikain? Karena ruang di rumah tidak selalu berukuran besar dan penataannya terkadang di pilih pemlik dengan konsep open plan untuk memberikan kesan airy lebih terasa. Dekorasikan dengan beberapa walldecor serta beberapa cushion pada sofa untuk memberikan kesan estetik dan stylish. Anda bisa mencontoh trik mendesain ruang tamu seperti ini agar tetap homey dan terasa luas ketika di gunakan.




Suasana cozy dengan interior senada

Ruang tamu by : mamadiahdee

Pemilihan funriture, pernak-pernik dan juga interior pada ruang tamu memang sangat di perlukan. Selain memberikan kesan estetik dan kenyamanan, pemilihan interior pun juga perlu anda bubuhkan dengan warna senada agar cantik ketika di pandang. Seperti yang di lakukan pemilik ruang tamu ini, menggunakan sofa, gorden, kapet dan juga interior dinding dengan warna cream agar senada, eye catching dan homey ketika di gunakan. Dinding pada rumah ini juga di buat lebih tinggin sehingga kesar airy pun dapat dominan lebih terasa.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.