Inspirasi Rumah Mezzanine Minimalis Solusi Hemat Tempat

 

Homeshabby.com -- Jika anda memiliki luas lahan yang tidak terlalu besar tentunya perlu penataan ulang hingga dapat memaksimalkan space agar lebih hemat dan efisien. Dengan ukuran rumah yang tidak begitu besar, salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menerapkan desain rumah mezzanine. Seperti yang kita tahu mezzanine adalaah tampat atau ruang tambahan yang berada di antara lantai dan plafon. Dengan kata lain, rumah mezzanine berarti tengah-tengah yang berada di antara ruang lain di bawahnya. Nah, tanpa panjang lebar bund Homeshabby.com akan membagikan inspirasi rumah mezzanine minimalis solusi hemat tempat yang bisa anda terapkan di hunian masa depan. Berikut penjabarannya :



Tampak fasad depan

Ukuran rumah mezzanine terbilang cukup kecil dan terlihat minimalis. Namun, untuk area fasad rumah agar terasa melegakan anda perlu penataan serta dekorasi yang tepat untuk kombinasi agar lebih menarik. Eskterior yang tampak dari rumah mezzanine ini terasa melegakan dengan bukaan dari jendela kaca lebih terang. Selain itu, agar memberikan dimensi dan dekorasi yang cantik anda bisa menambahkan ukiran ataupun aksen layercut seperti  pada dinding samping teras rumah ini. Pada bagian ruang mezzanine rumah ini tampak dengan jendela kaca yang sengaja di gunakan untuk memberikan kesan lebih terbuka.



Nampak teras hingga dalam rumah

Karena rumah mezzanine minimalis menjadi solusi hemat tempat agar memberikan kesan yang fungsional di tiap ruangnya, karena pemilik menyukai kesan terbuka agar membuat ruang lebih luas tanpa sesak. Seperti yang terlihat dari area teras rumah ini yang terlihat penggunaan jendela kaca serta pintu utama dari kayu menjadi kombinasi natural modern sangat cantik dengan gaya minimalisnya. Tangga menuju ruang mezzanine pada rumah ini pun di buat nampak dari bagian depan rumah agar terkesan lebih estetik dan menjadi nilai jual tinggi. 

Space depan teras pada rumah mezzanine ini cukup luas dan nampak kosong, namun anda bisa menyiasati hal tersebut dengan menggunakan tanaman ataupun rumput hias sebagai penutup lahan. Selain mini garden yang berada di depan teras yang terasa menyegarkan, area ini sangat berguna untuk resapan air ketika musim penghujan tiba. Anda juga tidak perlu khawatir jika air akan naik ke teras karena elevasi jelas di buat berbeda antara taman hingga halaman pada rumah mezzanine ini.




Ruang tamu

Bagian pertama yang berada pada rumah mezzanine minimalis kali ini adalah ruang tamu. Nampak terang dan luas karena  interior  yang dipilih pun berwarna netral dengan kesan minimalis. Namun untuk memberikan tone yang berbeda, pemilik menggunakan meja tamu serta satu set meja makan di sudut ruang dengan material kayu agar tampak berdimensi dan memberikan sedikit kontras yang berbeda. Tak hanya itu saja, dekorasi pada dinding pun bisa anda letakkan di area depan sofa atau pun di belakang sofa agar memberikan sentuhan lebih estetik pada ruang tamu ini.



Ruang tamu dari sisi dalam

Tak salah jika ruang tamu pada rumah ini terlihat terbuka dan lebih terang. Jendela kaca yang berada di sisi kanan pintu utama pun sengaja di letakkan untuk memberikan tampilan dari depan terlihat dengan penggunaan tangga menuju ke ruang mezzanine. Bukaan yang banyak ini pun di aplikasikan bertujuan untuk mengoptimalkan cahaya masuk ke dalam ruang agar sirkulasi di dalam ruang lebih terasa segar tanpa pengap. 


Ruang kerja di area mezzanine

Rumah mezzanine minimalis ini meletakkan ruang kerja sebagai cara untuk menghemat tempat di bagian bawahnya. Area bawah yang di fungsikan sebagai ruang publik hingga privasi kali ini memisahkan ruang kerja untuk fungisonal yang berbeda. Untuk menyesuaikan ruang mezzanine ini, anda bisa mendesain ruang secara cermat agar rumah ini nampak ideal dari eskterior maupun interiornya. Karena rumah mezzanine adalah ruang yang berada diantara lantai dan plafon, anda perlu memperhatikan ketinggian ruang tersebut agar di desain seperti ruang pada umumnya agar lebih terasa nyaman.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Propertisyariah_halal



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.