Desain dan Denah Rumah Minimalis Ukuran 8 x 15 M Dengan Kombinasi Batu Alam dan Woodplank Semakin Indah


Homeshabby.com -- Memiliki lahan yang cukup mungil untuk membangun rumah bukanlah perkara cukup sulit untuk di lakukan. Beberapa perencanaan mulai dari desain, penataan ruang hingga pemilihan material perlu anda perhatikan. Nah kali ini homeshabby.com akan memberikan sedikit ulasan mengenai desain dan denah rumah minimalis ukuran 8 x 15 m yang tentunya akan nyaman sebagai tempat pulang bersama keluarga tercinta. Tampilan dari fasad hingga interior serta denah pada rumah ini akan sangat cocok jika bisa anda terapkan di masa mendatang, baik di daerah pedesaan maupun perkotaan. Penasaran bagaimana detail tiap ruangnya, jangan skip dan tetap simak ya bund. Semoga bermanfaat.



Nampak fasad rumah

Tampil dengan sentuhan aksen tampak jelas berdimensi pada bagian fasad, desain dan denah rumah minimalis ukuran 8 x 15 m ini menggunakan kombinasi material yang beragam. Batu alam yang berada di bagian depan ini di pilih warna abu-abu agar tampak sedikit warm dan nyaman. Selain itu, agar kombinasi pada fasad rumah kali ini tampak selaras, pemilik menambahkan warna lebih dark di bagian pilar dari batu alam senada dengan aksen baja hitam persegi agar terkesan lebih elegan. Untuk memberikan dimensi yang lebih terlihat nyata, anda bisa menggunakan material woodplank sebagai aksen kayu untuk nuansa natural namun tetap hangat.



Nampak sisi kiri rumah

Selain pemilihan material yang beragam di aplikasikan pada fasad rumah ini, untuk memberikan kesan lebih lega beberapa ventilasi di tambahkan pada beberepa bagian. Desain dan denah rumah minimalis ukuran 8 x 15 m ini memilih ventilassi kaca di sisi kanan kiri fasad agar terasa lebih terbuka dan estetik. Selain itu ventilasi di bagian atas pintu utama pun juga mengikuti bagian lainnya agar memberikan penghawaan lebih menyegarkan. Elevasi pada rumah pun di buat lebih tinggi dari biasanya agar rumah tampak lebih tinggi dan menghindari dari air naik ketika musim penghujan. Hal ini tentu akan sangat membantu lingkungan rumah semakin sehat dari konsep terbuka dan memperhatikan sistem drainase untuk pembuangan.

Pemilik menyukai model atap pelana dengan kombinasi ukuran berbeda di masa bangunan kanan dan kiri. Hal ini di maksudkan untuk memberikan dimensi di bagian fasad atap agar terlihat lebih besar. Genteng flat beton pun di pilih sebagai material yang kokoh pada desain dan denah rumah minimalis ukuran 8 x 15 m ini untuk memberikan perlindungan dan kesan hemat tanpa harus mengganti dalam jangka waktu dekat.



Inspirasi kamar tidur

Berbeda dengan eksterior fasad, desain dan denah rumah mminimalis ukuran 8 x 15 m ini membedakan bagian interior agar terasa homey. Seperti pada kamar tidur anak ini yang menggunkan warna soft dan kesan feminine dengan warna pink serta kombinasi tone berbeda agar tampak serasi. Ranjang yang berukuran kecil ini mampu memberikan kesan lega untuk ruang yang berukuran minimalis. Tanpa meletakkan banyak furniture di bagian ruang tentu akan membaut kamar tidur ini semakin lebih luas tanpa sesak.


Pembagian ruang

Untuk pembagian ruang pada desain dan denah rumah minimalis ukuran 8 x 15 m ini memiliki fasilitas cukup lengkap. Diantaranya terdapat carport dan mini garden pada bagian fasad hingga penggunaan pagar yang di abaikan ini di maksudkan untuk menambah hawa segar terasa. Memasuki bagian dalam terdapat living room yang open space dengan ruang keluarga ini sengaja agar memberikan kesan lega pada area publik di rumah. Dua kamar tidur pada rumah ini di pisahkan oleh satu kamar mandi di bagian tengah agar memudahkan tiap anggotan keluarga. Bagian ruang makan dan dapur yang berada di bagian belakang rumah ini open space dengan taman untuk memberikan hawa sejuk dan lebih terbuka.






Denah ruang beserta ukuran

Untuk memenuhi kebutuhan dan fasilitas tiap anggota keluarga di rumah, desain dan denah rumah minimalis ukuran 8 x 15 m ini memiliki pembagian ruang serta ukuran sebagai berikut :

Di bagian depan terdapat carport ukruan 2.85 x 4.5 m, teras mungil ukuran 2 x 1.5 m dan garden ukuran 5 x 5 m. Memasuki bagian dalam rumah terdapat ruang tamu ukuran 5 x 6 m bergabung menjadi satu dengan ruang keluarga, terdapat  satu kamar mandi ukuran 1.5 x 1.5 m. Terdapat kamar tidur 1 ukuran 2.85 x 3 m, master bedroom ukuran 2.85 x 3.85 m dan ruang makan serta dapur ukuuran 3 x 5 m. Taman belakang rumah ukuran 6.35 m x 1.85 m ini bergabung dengan laundry room ukuran 2 x 1.5 m.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Abba Studio Design



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.