6 Desain Model Kanopi Baja Ringan yang Bisa Anda Contoh

 

Gambar : @homi.haus

Homeshabby.com -- Ketika banyak orang terlalu fokus pada interior rumah, hingga lupa pada elemen yang mendukung penampilan eksterior rumah yang juga dapat melindungi hunian dari berbagai perubahan cuaca. Salah satunya kanopi, sejenis atap untuk melindungi eksterior rumah dari panas matahari dan terpaan hujan. 

Pada umumnya, orang menggunakan kanopi berbahan kayu sebagai rangka atap, namun akan mudah lapuk akibat cuaca dan serangan rayap. Bagi anda yang ingin terhindar dari masalah itu, cobalah beralih ke kanopi baja ringan. Kanopi berbahan dasar baja ringan akan lebih tahan dari api dan karat. Penasaran seperti apa model desain kanopi baja ringan yang baik untuk rumah anda ? Simak ulasan di bawah ini !


Gambar : @bety_lestari15

Desain model kanopi baja ringan terbaru yang bisa anda contoh dan sedang tren saat ini adalah kanopi tanpa tiang. Bentuknya kanopi gantung berguna untuk menghemat area carport rumah anda. Pemasangannya hanya menggunakan dinding rumah untuk menahan beban kanopi baja ringan, sehingga memberikan kesan luas pada halaman depan rumah. Desainnya simpel dan terlihat lebih elegan dan cocok untuk hunian anda yang berukuran terbatas. 

 

Gambar : @dika.home

Desain model kanopi baja ringan 2 tiang ini kerap di pasang pada hunian type 36 dan type 45 untuk membuat kesan bangunan lebih tegas dan tinggi di bagian depan. Kombinasi rangka baja ringan berwarna hitam yang kuat mampu menampung polycarbonate sebagai pelindung atap. Baja ringan yang digunakan yaitu baja ringan bondek, pengaplikasian rangka bangunan nampak lebih rapi dan tidak akan mudah rusak atau berubah bentuk, terlebih saat kanopi sering terpapar oleh perubahan suhu secara terus-menerus.


Gambar : @deya_triana

Desain model kanopi baja ringan yang bisa anda contoh ini dikombinasikan dengan atap galvalum ini sangat banyak diminati orang untuk melindungi bagian carport, warna putih menjadi favorit untuk meningkatkan kesan hunian agar lebih minimalis. Rangka baja ringan yang kuat menahan berbagai perubahan cuaca juga dapat menunjang keindahan pada estetika rumah anda. 


Gambar : @mellyputrie_

Memasang desain kanopi baja ringan pada hunian bergaya minimalis modern memang sangat menyenangkan. Pasalnya, banyak pilihan model yang bisa anda aplikasikan pada hunian tersebut, seperti kanopi baja ringan dengan tiang V yang kemiringannya membuat tampilannya lebih unik dan elegan. Terlihat lebih kokoh merubah desain fasad rumah supaya lebih menarik. Baik rumah modern maupun industrial sangat cocok untuk menggunakan jenis kanopi baja ringan ini baik dikombinasikan dengan atap spandek, galvalum maupun kaca sesuai selera penghuni rumah.


Gambar : @kanopi.bandung

Letak carport biasanya menyatu dengan area teras atau halaman yang luas, maka dari itu anda bisa menggunakan kanopi dengan kerangka baja ringan yang menyatu sebagai atap teras yang lebih praktis. Biar lebih estetis, anda bisa mengganti atap kanopi dengan kaca untuk menunjang penampilan fasad. Di lihat dari aspek keamanan, kanopi baja ringan memiliki sifat non-combustible yang tidak bisa membesarkan api semakin besar dan menjalar dibandingkan kanopi berbahan kayu. 


Dari beberapa ulasan di atas, anda jadi semakin yakin untuk menggunakan kanopi baja ringan untuk rumah impian kan ? Jangan lupa bagikan artikel ini dan cek artikel menarik lainnya di Homeshabby.com , ya ? Semoga bermanfaat.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber

Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.