Desain dan Denah Rumah Minimalis Modern Ukuran 8 x 15 M Dengan Dinding Fasad Batu Alam yang Menawan


Homeshabby.com -- Happy weekend bunda cantik, semoga hari anda menyenangkan. Menemani akhir pekan anda di rumah Homeshabby.com akan memberikan ulasan inspirasi desain dan denah rumah minimalis modern yang bisa anda jadikan referensi ketika hendak membangun hunian yang sesuai keinginan keluarga. Di atas lahan 8 x 15 m menggunakan material batu alam dan bergaya minimalis cocok untuk daerah perkampungan maupun perkotaan bagi keluarga baru. Berikut inspirasinya :


Fasad rumah

Pada sisi dinding eksterior sebelah kiri pada pilar teras dan dinding carport menggunakan lapisan material batu alam candi atau lebih kita kenal batu alam andesit yang dapat membuat tampilan rumah nampak modern dan minimalis. Teksturnya yang keras dengan aksen warna abu-abu yang kuat dan tekstur motif yang unik. Ketahanan terhadap cuaca juga lebih lama, tidak mudah kotor walaupun terkena debu atau asap polusi udara. Material batu alam dapat menyerap panas dengan baik sehingga dapat memberikan penghawaan carport terasa lebih sejuk.

Nampak depan sebelah kanan rumah

Berbeda dengan tampilan fasad sebelah kanan, sisi dinding eksterior dilapisi material batu alam polimanan berwarna cream yang sangat terkenal dengan kekuatan dan keawetannya. Dikombinasikan dengan kusen alumunium jendela kamar tidur depan yang berwarna putih nampak selaras dan menawan ketika dipandang. Aksen warna yang dimiliki batu alam memberikan kesan yang berbeda yaitu membuat bagian dinding lebih menarik dan berwarna seperti memiliki corak tekstur berurat. Campuran warna dari material batu alam polimanan ini juga membuat fasad terlihat lebih alami dengan suasana hangat dan nyaman.


Nampak atap rumah

Pada desain rumah minimalis modern ukuran 8 x 15 m ini menggunakan jenis atap limasan atau piramida dengan genteng beton flat yang sudah sering kita kenal dan cocok untuk hunian bergaya minimalis. Sedangkan untuk bagian belakang rumah berukuran 3 x 2,7 m menggunakan atap dak cor guna untuk tempat meletakkan water tank yang lebih efisien. Bersebalahan dengan area taman belakang dibiarkan terbuka sebagai akses sirkulasi dan pencahayaan bisa masuk secara baik ke seluruh ruangan di dalam rumah ini. 

Bangunan rumah ini memiliki teras samping yang menjorok ke dalam meminimalisir lahan yang berdekatan dengan pekarangan tetangga. Teras dengan pijakan kaki bertingkat beratap datar berukuran 2 x 2 m.


Pembagian ruang rumah

Pada rumah ini, menerapkan pembagian tata letak ruang yang minimalis dan terkesan lapang walaupun hanya berukuran 8 x 15 m dengan kapasitas 3 kamar tidur dan 2 bathroom. Sekat dinding secara permanen hanya terdapat pada ruang private yaitu kamar tidur, sedangkan untuk area publik seperti living room, kitchen dan dining room di buat open plan agar memberikan efek luas dan lega saat beraktifitas. Setiap kamar memiliki jendela sebagai akses sirkulasi dan udara yang baik untuk istirahat, selain itu di bagian belakang terdapat area garden dan kolam ikan minimalis tanpa atap bergaya minimalis modern yang super homey.



 Denah rumah

Pembagian ruang disertai ukuran lebih detail dengan penjabaran yaitu :

Carport rumah berukuran 2,5 x 4,5 m, teras depan 2,5 x 1 m. Masuk ke interior rumah terdapat living room 2,5 x 3,5 m, kamar tidur utama 3 x 4,25 m di lengkapi bathroom dalam 1,5 x 1,5 m. Di ruang tengah terdapat ruang keluarga 3,5 x 3,5 m, teras samping 2 x 2 m dan bedroom ke dua 3,5 x 2,5 m. Beralih ke ruang belakang terdapat bedroom ketiga 3,5 x 3 m, kitchen dan dining room seluas 2,8 x 4,5 m. Teras belakang 1,2 x 2,7 m, bathroom untuk publik 1,2 x 2,5 m. Sedangkan untuk belakang rumah seluas 3 x 8 m dengan pembagian taman 2,5 x 3 m, kolam ikan 2 x 1,5 m dan mushola serta laundry room berukuran sama yaitu 2,7 x 1,5 m.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Noman_desainrumah

Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.