Solusi Praktis Rumah Kecil, Menyatukan Ruang Tamu dengan Ruang Makan untuk Kesan lebih Luas

 

Gambar : @dhian_setyarini

Homeshabby.com -- Tinggal di rumah kecil berarti menghuni rumah dengan keterbatasan dimensi ruang. Dengan hal itu, menyatukan beberapa ruangan di dalam rumah merupakan alternatif pintar untuk menyiasati hunian yang luasnya tidak seberapa. Terutama menyatukan ruang tamu dengan ruang makan. Dua ruangan ini memiliki fungsi yang berbeda, namun keduanya bisa digunakan untuk area berkumpul bersama keluarga. Nah, jika anda ingin mencobanya. Berikut beberapa tips praktis menata ruang tamu menyatu dengan ruang makan untuk kesan lebih luas.

 

Gambar : @meyca_avivi

1. Menciptakan konsep ruang terbuka

Menyatukan antara ruang tamu dan ruang makan ada baiknya jika anda mengusung tema ruangan yang terbuka. Hal ini akan membuat ruangan terasa lebih lega dan menyegarkan. Posisi penempatan beberapa furniture yang sejajar dengan area outdoor tidak akan membuat suasana terasa pengap ataupun lembab. Pilih furniture yang mengutamakan fungsinya, memperhatikan tingkat kesesuaian antara furniture ruang tamu dan ruang makan.

Gambar : @dekorrumahimpianku

2. Letakkan furniture utama ruangan yang sejajar

Solusi praktis selanjutnya yaitu soal tata letak furniture di setiap ruangan. Dalam hal ini anda bisa meletakkan furniture utama seperti sofa tamu dan set meja makan dengan bentuk sejajar baik di sebelah kanan ataupun kiri. Hal ini akan memberikan garis yang tegas untuk ruang dimensi gerak yang lebih leluasa. Beri sentuhan warna yang kontras, seperti menambahkan warna hijau tua dan kuning di antara warna cream dan abu yang lebih dominan sehingga akan menjadi pusat perhatian sekaligus suasana yang lebih modern.

Gambar : @deltianarosaliah

3. Kombinasikan warna sekeren mungkin

Tidak perlu khawatir dalam memilih warna untuk furniture dan dekorasi di ruang tamu yang menyatu dengan ruang makan. Selama anda masih dapat memadupadankan warna agar menciptakan desain yang semakin keren, maka anda bisa memakai warna apa saja, namun tetap serasi. Sentuhan warna tosca, kuning, cream, putih mampu membuat suasana colorful di ruangan ini. Material lantai yang mengkilau juga dapat menambah ruangan menjadi lebih elegan.


Gambar : @mahenshome

4. Beri sentuhan monokrom di antara nuansa netral pada ruangan

Anda bisa menerapkan konsep minimalis saat menyatukan 2 fungsi ruang sekaligus dalam satu bidang, menggabungkan konsep ruang tamu dan ruang makan yang selaras, yaitu bernuansa putih yang clean look, akan terasa lebih berbeda jika anda memberikan sentuhan monokrom seperti pada dudukan busa kursi makan dan hitamnya warna TV yang nampak tegas. Anda juga bisa menggunakan furniture kayu agar tidak terkesan dingin pada ruangan.

Gambar : @ruangmakansederhana

 5. Ciptakan suasana hangat dan tenang dengan dekorasi yang simple

Ruang tamu dan ruang makan pada desain ini, menerapkan konsep yang sama. Menggunakan warna yang lebih lembut dan hangat dengan gaya yang lebih simple. Warna coklat kayu yang mendominasi mampu membuat suasana makan maupun berkumpul menjadi lebih tenang. Tambahkan tanaman hias di samping meja makan untuk memperkuat nuansa alami yang digabungkan dengan unsur kayu agar aktifitas keluarga juga semakin menyenangkan.

 

 

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis       : Imka
Editor         : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber

Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.