Kumpulan Ide Material Kayu untuk Lantai Rumah Masa Kini, Hangat Ketika Musim Hujan

 

Gambar : @hesti.novitadewi

Homeshabby.com -- Lantai merupakan bagian paling sering di abaikan dalam hal desain interior rumah. Padahal, material lantai yang sesuai kondisi iklim dan konsep rumah bisa melindungi sekaligus sebagai alas duduk yang nyaman bagi keluarga. Salah satu material yang dianggap paling baik untuk rumah masa kini adalah lantai kayu. Bukan hanya dapat menghindari gesekan pada lantai rumah anda, lantai kayu memiliki ciri khas sifat estetik yang mampu membuat tampilan hunian semakin cantik. Penasaran dengan ide desain lantai rumah yang menggunakan material kayu ? Yuk, cek inspirasi di bawah ini:

Gambar : @eritaqueen

Parket atau lantai kayu pada ruang keluarga ini memiliki bahan kayu merbau yang memberikan kesan estetik yang berkualitas dan menarik karena corak alaminya. Kesan alami bisa membuat keluarga anda merasa betah menghabiskan waktu bersama. Kayu merbau mempunyai tekstur yang khas dan kuat, kualitasnya sebanding dengan kayu jati berwarna merah kecoklatan yang sangat cocok bagi anda yang menyukai suasana natural. Ukurannya bervariatif mulai 1,2 cm x 5 cm x 17 cm - 1,5 cm x 12 cm x 30 cm dengan harga berkisar 550 ribuan. Salah satu cara perawatan yang baik adalah dengan cara re-coating atau mengecat ulang setiap 3 bulan sekali.

Gambar : @ifa_ade

Sifat alami kayu pada lantai mampu menyimpan panas pada siang hari dan mampu mengubah suasana ruang tengah yang bersebalahan dengan area outdoor menjadi lebih hangat ketika malam hari. Sehingga suhu ruangan cenderung akan menyesuaikan diri dengan suhu udara di luar rumah, jadi anda tidak perlu khawatir merasa terlalu dingin atau panas dengan lantai kayu khususnya hunian di daerah iklim tropis.

Gambar : @sasadecor

Lapisan lantai pada rooftop garden ini biasanya kita kenal dengan istilah lantai decking kayu jati dengan motif line dan permukaan rata bergaris alur anti slip finishing PVC yang cara memasangnya pun sangat mudah, dilengkapi pengait dan bisa di kombinasikan dengan rumput sintetis untuk mewakili nuansa alam pada area rooftop. Selain pada rooftop, lantai kayu jenis ini bisa anda aplikasikan pada teras dan tepi kolam renang untuk kesan natural yang lebih sempurna.

Gambar : @parketkayu.indo

Pola atau tekstur garis-garis lurus pada lantai kayu area balkon rumah ini paling umum ada dan sering dipakai. Corak yang menyesuaikan konsep rumah modern dan kontemporer dengan desain yang fleksibel cocok untuk anda aplikasikan pada area outdoor maupun indoor. Area balkon yang memdapatkan banyaknya cahaya mampu membuat kesan natural kayu mengubah suasana menjadi lebih tenang dan homey. Aktifitas santai akan semakin nyaman berkat keunggulan yang dimiliki material lantai tersebut. Walaupun sering terkena paparan matahari dan air hujan dipercaya 100% lantai tidak akan mudah rusak dan anti rayap.

Gambar : @rumahaila

Jika anda bosan dnegan tampilan kayu jati atau kayu merbau, anda bisa menggunakan lantai kayu Keruing untuk melengkapi desain interior ruang rumah anda. Dengan warna lantai kayu keruing yang lebih cerah dibandingkan kayu Merbau membuat daya tarik tersendiri dan menjadikan hunian anda akan lebih ekslusif. Flooring kayu jenis ini jika di coating metalik akan menghasilkan permukaan yang lebih natural seperti serat kayu Merbau namun dengan harga yang lebih terjangkau.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber

Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.