Desain dan Denah Rumah Ukuran 8.5 x 14 M Terdapat 3 Kamar Tidur dengan Kombinasi Atap Kaca di Area Garden dalam Rumah

 


Homeshabby.com --- Hallo bunda, jumpa lagi dengan kami homeshabby.com yang akan menemani anda di hari ini untuk memberikan sedikit inspirasi mengenai desain dan denah rumah yang  bertema tropis dengan tanaman di dalam ruangan. Penataan ruang yang apik di kombinasikan dengan fasad dari material alam terkesan natural dan menyatu secara dominan. Bagian fasad yang lebih stylish dari pemilihan atap dengan kombinasi yang menawan bisa menjadi referensi untuk anda dalam membangun rumah idaman. Di lengkapi dengan elemen penunjang lainnya, rumah ini sangat cocok untuk anda yang baru menikah atau ingin membangun rumah untuk keluarga tercinta. Berikut penjelasannya :




 Tampak fasad rumah

Rumah dengan ukuran 8.5 x 14 m ini memiliki tampilan yang menarik dengan pemilihan material alami terlihat lebih dominan. Tampak jelas dengan penggunaan jendela kaca di area teras yang memberikan pencahayaan dan suasana terang untuk bagian dalam rumah. Agar terkesan lebih natural dengan unsur alamnya, penggunaan pilar pada rumah ini menggunakan material batu alam yang membuat kesan tegas. Untuk memberikan focal point di fasad rumah, anda bisa menggunakan batu alam atau granit untuk pembatas ruang di area depan rumah. Sehingga pemilihan material seperti ini dapat memberikan hawa alami dengan konsep yang ramah lingkungan.




Tampak sisi kanan rumah

Sebagai pembatas antara halaman dan ruas jalan di area depan, rumah ini mengganti dengan tanaman untuk memberikan hawa sejuk dan menyegarkan. Guna tanaman ini selain untuk memberikan hawa yang lebih segar pada rumah, sangat membantu ketika musim penghujan untuk daerah resapan air. Dengan tema yang tropis rumah ini memberikan space area yang cukup untuk area garden dengan tanamanan hijau. Agar memberikan suasana terang, anda bisa mengatur arah rumah menghadap datangnya cahaya matahari dengan tetap mempertimbangkan bukaan ataupun ruang sebagai penghalang untuk matahari di sore hari.



Tampak sisi kiri rumah

Agar memberikan ruang yang lebih untuk parkir mobil atau motor, anda bisa memberikan space berukuran 3 x 5 m agar terkesan lebih luas dan menambah penghawaan lebih lega. Jika area carport yang biasanya di aplikasikan tanpa penutup atap, lain dengan desain carport rumah ini menggabungkan atap menjadi satu dengan bangunan untuk melindungi dari panas dan hujan. Untuk memperhatikan sistem drainase yang berada di sekitar rumah, anda perlu memperhatikan area pembuangan untuk memberikan kenyamanan terhadap lingkungan sekitar dengan struktur bangunan itu sendiri.





Tampak atap rumah

Di kombinasikan dengan model atap pelana secara keseluruhan membuat rumah ini terlihat lebih ramping dan menarik. Penggunaan material genteng flat beton memang menjadi incaran orang untuk penutup atap rumah seperti ini. Selain memiliki ketahahan yang cukup kuat, genteng flat beton ini bisa anda sesuaikan warna dengan finishing yang lebih glossy agar terlihat mewah. Terlihat jelas di sisi kanan bangunan ini mengkombinasikan dengan kaca untuk penutup atap yang menunjang area garden agar mendapat pencahayaan secara maksimal. Untuk atap area carport pada rumah ini tidak menggunakan kanopi, melainkan dengan dak cor beton yang terkesan lebih kuat dengan tampilan minimalis senada antara area keseluruhan.








Pembagian tata letak ruang dan denah

Berikut ini merupakan pembagian ruang serta ukuran rumah 8.5 x 14 m dengan penjelasan :

Area outdoor di bagian depan pada rumah ini terdapat taman dengan ukuran 5.5 x 1.5 m dengan teras ukuran 2.3 x 1.5 dan carport ukuran 3 x 5 m. Untuk bagian indoor rumah ini memiliki ruang yaitu, ruang tamu ukuran 3 x 3 m, kamar tidur di area depan ukuran 2.5 x 3 m, ruang keluarga yang open space dengan ruang makan ukuran 3 x 4.5 m, kamar tidur di belakang carport ukuran 3 x 3 m serta musholla ukuran 1.5 x 3 m. Untuk memberikan penghawaan yang melegakan untuk bagian dalam, rumah ini menambahkan garden ukuran 1.5 x 4.5 m yang dapat di lihat melalui ruang makan dan ruang keluarga. Area belakang rumah ini terdapat gudang ukuran 1.5 x 1.5 m, kamar mandi ukuran 1.5 x 1.5 m, kitchen set ukuran 4.5 x 3 m dan laundry room ukuran 1.5 x 1.5 m, kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam ukuran 3 x 4.5 m serta taman belakang rumah ukuran 4 x 1.5 m.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Denahrumah46



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.