Desain dan Denah Rumah Ukuran 17.5 x 7.5 M Terdapat 3 Kamar Tidur serta Musholla dengan Taman di Belakang Rumah

 


Homeshabby.com -- Desain rumah dengan fasilitas lengkap mulai dari kamar tidur, ruang makan, dapur dan ruang tamu bisa saja anda desain dengan penataan tata letak yang tepat menyesuaikan dari luas bangunan itu sendiri. Di lengkapi dengan pemilihan eksterior dan interior yang menarik, tentunya akan membuat anda semakin nyaman ketika berada di rumah. Kombinasi material juga bisa anda pilih dengan kualitas yang baik untuk memberikan kekuatan yang lebih untuk hunian. Selain itu, space yang tersisi pun masih bisa anda gunakan untuk tanaman yang berada di sekitar depan atau belakang rumah sebagai tempat resapan air ketika musim hujan tiba. Dengan begitu rumah anda akan terasa nyaman dan aman serta penghawaan yang lebih melegakan. 



Tampak fasad rumah

Jelas terlihat penggunaan eksterior dari rumah ini yang cenderung dengan warna netral dengan kesan hangat dan minimalis. Pemilihan material dari alam pun di gunakan untuk beberapa titik saja di bagian dinding pada fasad rumah ini. Penggunaan angin-angin dari bahan roster yang tersusun rapi ini bisa membantu penghawaan melegakan untuk bagian dalam rumah. Begitu juga dengan pemilihan material kayu sebagai penggunaan kusen pintu dan jendela pada rumah ini yang terlihat menyatu dengan lingkungan sekitar dan ramah lingkungan. Sebagai penghawaan yang melegakan anda bisa mengabaikan penggunaan penutup atap yang terturup rapat untuk area carport, namun bisa anda siasati dengan kanopi kaca dengan kesan yang lebih terbuka.



Tampak sisi kiri rumah

Inilah tampilah fasad depan rumah apabila tidak menggunakan pembatas antara rumah dengan ruas jalan. Jika anda menginginkan kesan yang lebih terbuka dan menyatu dengan lingkungan secara mudah, penggunaan pagar pun bisa anda abaikan. Namun dengan mengabaikan pagar tentunya akan sedikit membuat hawa di rumah terasa panas, hal ini bisa anda siasati dengan penggunaan garden di depan rumah beserta tanaman dan pohon yang rindang. Dengan begitu rumah anda akan terasa lebih sejuk dengan hawa yang menyegarkan. Eksterior pilar yang biasanya di letakkan di teras depan rumah, beda dengan rumah yang satu ini justru meletakkan penggunaan pilar untuk area carport saja. Terkesan beda dengan material batu alam yang natural, membuat suasana di rumah ini semakin alami dan menyejukkan.



Tampak fasad atap rumah

Berikut ini merupakan fasad atap pada rumah ukuran 17.5 x 7.5 m yang menggunakan atap model pelana di kombinasikan dengan ukuran beda untuk masa bangunan bagian kanan dan kiri. Pemilihan materialnya di pilih dari genteng flat beton yang memiliki ketahanan cukup kuat terhadap segala cuaca. Tentunya dengan pemilihan material berkualitas baik seperti ini sangat membantu hunian akan lebih aman dari rembesan dan bocor ketika musim penghujan. Berbeda dengan area paling belakang pada rumah ini yang menggunakan atap dak cor beton di kombinasikan dengan kanopi kaca serta sedikit area tanpa penutup. Hal ini dilakukan guna memberikan penghawaan lebih lega dan segar. Untuk area depan di bagian teras di gunakan topi-topi dari cor beton yang dapat menghalau hawa panas dan percikan air ketika hujan masuk ke dalam rumah. Begitu juga dengan bagian kanopi yang mengaplikasikan penutup kanopi kaca dengan rangka material batu alam.

Pembagian tata letak ruang rumah

Berikut ini merupakan pembagian tata letak ruang pada rumah ukuran 17.5 x 7.5 m yang memiliki ruangan sebagai berikut :

Di mulai dari bagian depan, rumah ini terdapat carport dengan taman mungil beserta teras yang cukup lebar untuk penghawaan yang melegakan tanpa penutup atap di bagian taman. Memasuki bagian dalam rumah terdapat living room yang open spcae dengan ruang keluarga namun terdapat penyekat ruang yang membuat area ini lebih privasi. Kamar utama yang berada di samping ruang tamu serta di belakang carport ini bisa anda gunakan untuk tuan rumah yang di bagian belakangnya terdapat musholla. Dua kamar tidur lainnya berada di bagian belakang musholla dan ruang keluarga berhadapan. Untuk area dapur dan ruang makan ini juga menjadi stau di belakan kamar tidur 2 yang di sampingnya terdapat taman dan laundry room. Kamar mandi di rumah ini terdapat dua ruang yang berada di belakang kamar tidur 3 dan di samping laundry room.



Denah dan ukuran ruang

Denah rumah ini memiliki pembagian ruang dengan ukuran sebagai berikut :

Terdapat carport di area depan dengan ukuran 3 x 5 m, taman ukuran 3 x 1.5 m dan teras berbentuk letter L ukuran 4 x 4 m. Di bagian dalam terdapat living room ukuran 3.3 x 4.4 dengan ruang keluarga ukuran  4.5 x 5.4 m. Terdapat kamar tidur utama ukruan 3 x 4.5 m, musholla ukuran 1.5 x 3 m, kamar tidur 3 ukuran 3 x 3 m dan kamar tidur 2 ukuran 3 x 2.5 m. Terdapat kamar mandi ukuran 3 x 1.5 m, toilet ukuran 1.2 x 2 m, laundry room ukuran 1.8 x 2 m, taman ukuran 1.5 x 2 m dan area dapur dengan ruang makan ukuran 4 x 3 m.

Itulah sedikit ulasan mengenai desain rumah ukuran 17.5 x 7.5 m kali ini yang memiliki fasilitas  lengkap dengan penataan ruang yang melegakan. Anda bisa merubah penataan ruang sesuai dengan keinginan serta ukuran yang berbeda. Semoga dengan desain kali ini bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang akan membangun rumah impian untuk keluarga tercinta. Amiin


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : noman_desainrumah



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.