7 Contoh Desain Ruang Keluarga Terbuka, Nyaman dan Segar

 

Gambar : @Hams.house

Homeshabby.com -- Hai bunda, selamat siang. Apakah anda mendambakan desain ruang keluarga yang lebih menyenangkan dan penuh keterbukaan ? Jawabannya yaitu mengubah ruang keluarga indoor dengan ruang keluarga terbuka yang dijamin mampu memberikan kenyamanan maksimal bagi anggota keluarga anda. Ruang berkumpul dengan bukaan yang lebar tanpa adanya penyekat mampu menyatukan suasana alam di lingkungan rumah secara maksimal. 

Anda bisa menempatkan ruang keluarga yang menyatu dengan taman baik di samping atau belakang rumah, dengan aling-aling pembatas tirai putih transparan yang bisa menyamarkan cahaya sinar matahari yang terlalu silau.


1. Ruang Keluarga Terbuka dengan Folding Door 

Gambar : @eri_hers

Ruang keluarga sederhana yang tidak memperlihatkan dekorasi atau ornamen secara berlebihan ini tampak seolah menyatu dengan area outdoor rumah. Memanfaatkan folding door sebagai pemisah kedua bagian rumah tersebut, sehingga ketika keadaan terbuka dengan lebar mampu membuat kesan open plan pada ruang berkumpul ini. Pintu kaca transparan ini juga berfungsi sebagai akses ventilasi dan pencahayaan pada ruang keluarga, sehingga suasana ruang tetap terasa hemat energi dan homey.


2. Ruang Keluarga Terbuka dengan Jendela Besar

Gambar : @litlemoyahome

Jika kehadiran pintu ataupun jendela lebar yang bermaterial kaca dirasa membuat kesan ruang terasa panas dan silau, anda bisa menambahkan tirai atau gorden transparan dengan bahan yang bisa menyerap panas, sehingga mampu menghambat panas serta cahaya sinar matahari untuk masuk ke dalam rumah ketika siang hari.


3. Ruang Keluarga Terbuka ala Gazebo

Gambar : @ruangkeluargamugil

Buat area berkumpul keluarga yang berbeda daripada umumnya, di rancang secara terbuka di luar rumah yang lebih menarik. Seperti halnya gazebo, mulai dari lantai, dinding dan bagian kanopi dari material kayu jati tua finishing cat metal yang mengkilau. Agar suasana aktifitas tetap nyaman dan aman dari panasnya matahari, hiasi atap pergola dengan tirai kain berwarna putih yang tersusun secara bergelombang agar dapat mengikuti arus angin yang ada. Sehingga tampilannya pun lebih keren dan elegan pada ruang keluarga terbuka. Kursi panel kayu dengan dudukan busa yang empuk bisa jadi teman bersantai anda dan keluarga, sedangkan untuk desain lebih natural beberapa tanaman dan bunga kamboja menghiasi space sebagai aksen tambahan dengan unsur alam.


4. Ruang Keluarga Terbuka ala Lesehan Nyaman

Gambar : @rumasix

Desain yang simple dan santai pada ruang keluarga terbuka lebih di sarankan untuk konsep lesehan yaitu tanpa menggunakan sofa ataupun kursi dan menggantinya dengan sofa bed ataupun karpet lantai  yang nyaman dan leluasa untuk tiduran ataupun sekedar duduk bersantai menggunakan bean bag atau bantal lainnya.  Sebuah jendela dengan ukuran lumayan besar sebagai akses keluar masuknya udara yang dapat memberikan kesegaran pada ruangan. Sehingga ruang nampak luas dan lega untuk menampung seluruh anggota keluarga yang terus bertambah walaupun pada space yang limit.


5. Ruang Keluarga Terbuka dekat Taman Segar

Gambar : @anisa_woelandari

Punya teras samping yang terabaikan ? Anda bisa mengubahnya dengan fungsi space yang jauh lebih fungsional. Cukup menambahkan sofa long seater, karpet, bean bag, kursi taman serta sedikit sentuhan tanaman indoor untuk menjadikan ruang keluarga favorit di rumah anda. Suasana outdoor yang nampak dekat dengan posisi yang di gabungkan dengan area taman di sampingnya membuat penghawaan ruang keluarga menjadi lebih menyenangkan, tanpa takut dengan cuaca panas yang bikin bosan.


6. Ruang Keluarga Terbuka yang Cozy

Gambar : @doublehouse

Desain ruang keluarga terbuka ini biasanya ditempatkan pada lantai atas dengan memanfaatkan bukaan jendela yang menyamping dan tinggi sebagai akses sirkulasi udara yang lebih sejuk. Sedangkan untuk bagian interiornya, dibuat lebih simple dan santai tanpa adanya sofa besar yang bikin sesak. Backdrop TV dengan material kayu dan dinding yang nampak nyata membiarkan material semen unfinished yang khas dengan gaya Industrial. Agar nampak lapang, langit-langit tinggi dengan plafon dan penambahkan ceiling yang menyempurnakan suasana berkumpul menjadi lebih cozy.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Berbagai sumber


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.