Desain dan Denah Rumah Sederhana Ukuran 12 x 14,5 M dengan Unsur Budaya pada Model Atap yang Terkesan Tradisional

Homeshabby.com -- Hai bunda, selamat siang. Masih semangat untuk mengikuti ulasan bermanfaat dari Homeshabby.com dong ! Kali ini akan di bahas mengenai desain dan denah rumah mengusung konsep sederhana yang menonjolkan desain eksterior dengan unsur budaya yang khas berukuran di atas lahan 12 x 14,5 m terbilang cukup luas, sehingga cocok untuk hunian di daerah perkampungan atau pedesaan. Penasaran seperti apa ? Berikut penjabarannya :

Nampak depan rumah

Bagian atap merupakan hal yang paling penting dari sebuah bangunan rumah, selain sebagai pelindung juga bagian eksterior yang paling menonjol daripada elemen lainnya. Sehingga jika anda ingin tetap menampilkan hunian yang memiliki unsur budaya yang kental bisa anda terapkan di bagian bentuk atap limasan dengan ukiran cantik dan runcing di bagian tengahnya, namun tetap dengan genteng beton flat yang bergaya minimalis modern. 

Sedangkan untuk bagian fasad teras, sisi dinding bisa anda gunakan bahan granit ataupun batuan alam yang memberikan kesan alami dan elegan pada hunian. Rumah nampak lebar dan besar karena bentuk atap teras yang minimalis sehingga terkesan megah namun sederhana.

Nampak samping depan rumah

Kusen yang digunakan di setiap pintu dan jendela rumah berukruan 12 x 14,5 m ini terbuat dari bahan kayu merbau yang memiliki tekstur keras dan berkualitas tinggi sehingga tampilan fasad nampak terlihat modern dan tegas berkat pemilihan bahan material yang tepat. Agar suasana fasad bisa lebih sejuk dan tidak terkesan kosong, anda bisa memanfaatkan space kosong dengan menambahkan area taman ataupun tanaman pagar yang lebih menarik di pandang mata.

Tata letak ruang pada rumah sederhana 

Nampak pembagian ruang yang terkesan lega dan nyaman, memiliki 3 kamar tidur yang di posisikan di setiap sudut yang bertujuan untuk pembagian fungsi privasi yang lebih maksimal. Memiliki bukaan jendela yang tertuju langsung ke area hijau bagian luar rumah sehingga suasana dalam kamar akan semakin homey dan baik untuk waktu istirahat. Sedangkan untuk ruang tengah digunakan untuk public area dengan penerapan konsep open space untuk pemberian kesan lebih terbuka dan akrab untuk beraktifitas satu sama lain.

Denah ruang rumah

Sedangkan untuk melihat lebih detail tentang pembagian ruang beserta keterangan ukuran masing-masing ruang bisa anda lihat dari denah di atas. 

 Area carport seluas 4 x 5 m, garden 8 x 5 m, teras 4 x 1,5 m. Ruang tamu bagian tengah di himpit 2 bedroom bagian depan berukuran 4 x 4 m. Sedangkan untuk ukuran bedroom 1 sebelah kiri 4 x 4 m, bedroom sebelah kanan 3 x 4 m lebih kecil bisa digunakan untuk bedroom kids, sedangkan bedroom satunya berada di belakang 3 x 4 m dengan posisi bathroom di bagian tengahnya 2 x 2 m. TV room yang open space dengan penghawaan taman belakang menyatu dengan area dining and kitchen area berukuran 4 x 4 m. Terdapat 2 toilet yang bersebelahan di sudut belakang berukuran 1,5 x 1,5 m dan posisi laundry room indoor yang menyatu dengan area garden yang luas di belakang rumah.

 

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber      : Abba_studiodesign