Desain dan Denah Rumah Bertingkat Ukuran 6 x 10 M ada Balkon yang Luas dan Kolam Ikan Minimalis

 

Homeshabby.com -- Good morning bunda cantik, jangan lupa selalu semngat menjalani hari-hari walaupun di masa pandemi yang tidak kunjung henti ya ! Di pagi hari ini Homeshabby.com akan memberikan inspirasi untuk menemani aktifitas anda mengenai desain dan denah rumah bertingkat ukuran 6 x 10 m yang di lengkapi area balkon yang luas dan kolam ikan minimalis yang ditempatkan pada kolong tangga akses naik ke balkon. Rumah bertingkat yang menonjolkan sisi tangga di bagian fasad membuat fungsi balkon lebih fungsional tentunya. Berikut penjabarannya :

Nampak area atas samping depan rumah
 
 
Nampak detail bagian fasad yang dilengkapi akses tangga menuju balkon yang dilengkapi railing besi hollow yang dipercaya lebih kuat dan tahan lama. Hunian bergaya minimalis lebih menggemari bahan material besi hollow yang menampilkan desain dan model garis-garis vertikal yang membuat area terkesan lebih luas dan tidak tertutup sepenuhnya. Balkon berukuran 2,8 x 2,9 m ini sengaja di buat terbuka tanpa pelindung atap baik kanopi maupun dak cor agar penghawaan alami bisa dinikmati ke seluruh bagian ruang rumah. Dengan hal itu, anda juga bisa memanfaatkan balkon sebagai area berkebun dengan tanaman organik ataupun beberapa tanaman pot hias yang mampu mempercantik balkon yang lebih sejuk.

Nampak bagian belakang bangunan rumah

Bangunan rumah berukuran 6 x 10 m ini di buat tertutup sepenuhnya tanpa menyisakan lahan di bagian belakang, karena posisi tangga ke ruang atas berada tepat di bagian belakang sehingga kegunaan adanya sirkulasi udara sebagai pencahayaan ruang dan sekaligus area tangga agar tidak terkesan gelap dan sempit. Selain itu space belakang kecil yang hanya seluas 1 x 2,7 m ini beratap kaca transparan yang dimanfaatkan sebagai area laundry room dan jemur yang menerapkan konsep indoor namun tetap mendapatkan cahaya matahari untuk menjemur pakaian. 

Desain kolam ikan di bagian fasad lantai 1

Memaksimalkan space kosong agar lebih fungsional, salah satunya mengubah area kolong tangga sebagai area relaksasi sekaligus taman minimalis yang dapat mendukung tampilan teras lebih menarik dan menyegarkan untuk waktu santai baik pagi maupun sore hari. Di lengkapi kolam ikan yang dikelilingi tanaman hijau yang rindang bisa menjadi sport cantik sekaligus akses sirkulasi udara ke dalam kamar tidur depan menjadi lebih sehat. Perhatikan soal pemilihan jenis tanaman, pilih tanaman yang tidak terlalu tinggi agar tidak menghalangi kehadiran kolam hias dan menutupi pandangan dari jendela kamar.

Desain menyatu antara ruang tamu dan dining room

Masuk ke ruang interior lantai 1akan di sambut dengan desain menyatu antara living room dan dining area agar kesan airy tetap ada. Meja dining room yang berbahan kayu serta 4 seater berwarna abu-abu yang nampak selaras dengan konsep ruang tamu. Pemilihan palet warna yang seimbang ini mampu memberikan suasana 2 ruang ini menjadi lebih hangat dan menenangkan. Pemanfaatan space kosong di kolong tangga yang di tambahkan rak tanam sebagai storage dan penempatan kulkas merupakan cara yang paling efektif untuk menyiasati ruang yang terbatas.

Denah lantai 1

Berhubungan tentang pembagian ruang pada rumah ukuran 6 x 10 ini dilengkapi dengan ukuran denah yang bisa anda jadikan referensi ketika ingin membangun hunian idaman. Pada denah lantai 1 terdapat, area carport berukuran 4 x 2,85 m bersebalahan langsung dengan area taman, kolam ikan dan tangga menuju area balkon seluas 2,7 x 2,9 m. 

Masuk ke bagian interior, terdapat living room yang menyatu dengan dining area berukuran 2,85 x 4, 4 m, tangga belakang selebar 1,10 x 2,85 m. Bedroom 1 di bagian depan 2,8 x 2,7 m berdampingan dengan area kitchen 2,7 x 1,5 m dan bathroom 1 x 1,5 m serta area laundry berukuran 2,7 x 1 m.


Denah lantai 2 

Pada denah lantai 2 terdapat , area balkon yang luas dengan area tangga bagian depan berukuran 2,8 x 2,9 m, Masuk ke bagian ruang dalam rumah terdapat TV room yang luas di sebelah kiri yang di lengkapi fasilitas view langsung terbuka dari area balkon berukuran 6,7 x 2,8 m. Bedroom 2 di bagian depan 2,5 x 2,8 m, bathroom 1,15 x 1,5 m dan bedroom 3 di bagian sudut belakang berukuran lebih kecil yaitu 2 x 2,8 m.

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber      : Desain rumah 36