Inilah Cara Membuat Rumah Minimalis Tampil Lebih Sejuk dan Segar Tanpa AC

Inilah Cara Membuat Rumah Minimalis Tampil Lebih Sejuk dan Segar Tanpa AC


Homeshabby.com -- Rumah minimalis pada era sekarang ini memang menjadi idaman bagi banyak kalangan. Desainnya yang simple, sederhana dan modern inilah yang menjadikan sebagian orang lebih memilih rumah dengan desain minimalis. Terlebih bagi orang-orang perkotaan dimana mereka memiliki keterbatasan luas bangunan. Anda pun tentunya harus mendesain rumah minimalis dengan perhitungan yang matang baik dari segi model, kenyamaan, material, dll. Selain beberapa aspek tersebut ada hal lain yang perlu anda perhatikan yaitu sirkulasi udara. Jika sirkulasi udara baik maka rumah minimalis anda nantinya akan terasa sejuk dan segar. Beberapa orang mungkin memilih menggunakan AC (Air Conditioning). Namun, bagi anda yang memiliki budget terbatas jangan khawatir anda tetap bisa mendesain rumah minimalis menjadi sejuk tanpa AC.  Nah, kali ini kami sajikan beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam membuat rumah makin sejuk tanpa AC. 

1. Ventilasi Silang

Apa itu ventilasi silang ? Ventilasi silang atau cross ventilation adalah bukaan yang berjumlah dua pada sebuah ruangan dimana bukaan tersebut berada di posisi yang berhadapan. Bukaan tersebut dapat berupa pintu ataupun jendela, dimana pintu dan jendela itu  tidak selalu berada di dinding tapi juga dapat anda letakkan di atas atau atap.

2. Kerai


Cara kedua yang bisa anda terapkan adalah dengan menggunakan kerai. Biasanya kerai ini berbahan bambu yang diletakkan di depan atau samping rumah. Namun, sekarang sudah banyak kerai yang di desain untuk diletakkan di dalam rumah sehingga desainnya pun lebih modern tanpa mengurangi fungsinya.

3. Awning Gulung


Awning Gulung atau Retractable Awning biasa di sebut juga Canopy Gulung. Awning gulung ini memberikan kontrol atas cuaca saat hujan, panas terik matahari atau kondisi yang sangat berangin ataupun cuaca stabil. Awning Gulung ini juga dapat diatur gulungan atau bentangannya dengan cara manual atau menggunakan motor listrik. Sehingga akan lebih efisien untuk rumah minimalis anda.

4. Tanaman

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan menanam tanaman di sekitar halaman rumah anda. Tanaman ini dapat mengurangi debu/polusi dan menyegarkan rumah anda. Selain itu, dapat juga untuk mempercantik dan menambah pesona dalam rumah anda. 



Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya. 



Penulis     : Septiyani
Editor       : Munawaroh
Sumber    : berbagai sumber





Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.