Engglis Version

Desain dan Denah Rumah Minimalis Ukuran 6 x 8 dengan 3 Kamar Tidur Dengan Anggaran Hanya 48 Juta

Desain dan Denah Rumah Minimalis Ukuran 6 x 8 dengan 3 Kamar Tidur dengan Anggaran Hanya 48 Juta



Homeshabby.com -- Ketika anda akan membuat rumah minimalis tentunya anda mempersiapkan segala sesuatunya. Baik dari segi lokasi, ukuran, dan perhitungan material yang dikeluarkannya. Hal yang paling anda perhatikan adalah dari segi perhitungannya. Iya, hal ini biasa di sebut RAB (Rancangan Anggaran Biaya). Ada beberapa kelebihan dari cara menghitung RAB dengan sistem per meter persegi. Biasanya sistem ini menawarkan perhitungan waktu yang lebih cepat, sehingga tidak memakan waktu yang lama untuk menyusun RAB.

Namun, jika ingin menggunakan cara ini anda haruslah menyiapkan data-data yang nantinya diperlukan, seperti data luas bangunan rumah dan harga bangunan untuk setiap meter perseginya.

Selain itu, cara menghitung RAB dengan sistem meter persegi juga harus menyesuaikan harga bangunan dengan waktu pengerjaan rumah, serta lokasi bangunan tersebut berada. Berikut anggaran biaya rumah minimalis ukuran 6 x 8 yang hanya 48 Juta. 


Pada area ruang tamu anda dapat membuatnya lebih besar dengan sofa letter L warna abu-abu. Dengan partisi ruangan yang dapat difungsikan sebagai tempat meletakkan buku. Anda dapat menambahkan hiasan dinding dengan tulisan ataupun gambar lainnya. 





Area dapur yang menyatu dengan ruang makan ini terlihat bersih dan terang dengan pemilihan warna putih bersih. Selain itu, anda dapat membuat pintu belakang sebagai area sirkulasi dan pencahayaan rumah anda. 





Untuk ruang tidur anda dapat menggunakan wallpaper dengan motif kotak-kotak seperti kotak-kotak. Tempat tidur dengan warna yang lebih berwarna sehingga akan tampak lebih nyaman dan elegant. 



Untuk denah dari rumah minimalis ukuran 6 x 8 m terdiri dari teras memanjang 3 m, ruang tamu ukuran 3 x 3,5 m, kamar mandi 3 x 1,5 m, dapur plus ruaang tamu 3 x 2,5 m, 2 kamar tidur dengan masing-masing ukuran 3 x 2, 5 m. 





Pada anggaran rumah yang harus anda hitung adalah dengan pondasi dasar yang berupa batu belah, semen, dan pasir. Hitungan ini dapat dihitung per m3, dan sak. Total biaya yang dikeluarkan dalam membuat pondasi ini adalah Rp. 7.700.000.,-




Langkah selanjutnya adalah pembuatan sloof beton bertulang yang terdiri dari kayu, paku, besi beton, kawat, semen, pasir, kerikil. Total yang dikeluarkan Rp.3.971.000,.- Perbandingan dari semua ini tergantung dari kualitas yang anda inginkan. 




Sesudah membuat pondasi anda dapat membuat kolom beton yang terdiri dari kayu, paku, besi beton, kawat beton, semen, pasir, kerikil, kayu balok, dolken yang menghabiskan sebesar Rp. 4.006.658. 




Pembuatan kolom rumah sebagai pilar rumah yang terbuat dari kayu kelas, paku, besi beton, kawat beton, semen, pasir beton, kerikil. Untuk proses pengecoran disarankan anda menggunakan pasir beton karena memiliki butiran-butiran mineral keras dan tajam sehingga akan lebih padat untuk bangunan rumah anda. Dengan total anggaran Rp.1.178.413.,- 







Selanjutnya adalah pembuatan ring balk bertulang dengan bahan kayu, paku, besi beton, kawat beton, semen, pasir beton, kerikil. Dengan biaya anggaran Rp. 4.661.480.,-







Selanjutnya pembuatan dinding bata yang terdiri dari bata ringan dan mortar. Dengan total anggaran Rp.6.743.750.,-. Bata ringan dipilih karena memiliki bentuk yang seragam sehingga akan mempermudah dalam pengerjaannya. 







Selanjutnya adalah pemasangan kusen pintu dan jendela yang menghabiskan dana sekitar Rp. 691.200.,-. Namun dana ini tergantung dari model dari pintu dan jendela yang anda inginkan. 




Pemasangan daun pintu dan jendela kaca menghabiskan dana sebesar Rp.1.367.018.,-.




Selanjutnya adalah pemasangan lantai keramik yang membutuhkan bahan berupa keramik, semen, pasir dan semen warna yang menghabiskan dana sebesar Rp.3.311.000.,-.


Selanjutnya pemasangan lantai dan dinding porselen kamar mandi. Hal ini dibedakan karena memang biasanya kisaran biaya antara keramik rumah dengan keramik kamar mandi memiliki harga yang berbeda Dana yang dikeluarkan sebesar Rp.938.155.,-.




Selanjutnya pemasangan kanopi yang berada di depan rumah. Dengan menggunakan bahan kayu, besi beton, semen, kawat, pasir beton, kerikil, kayu kelas 2, dolken kayu, dan plywood yang menghabiskan dana sebesar Rp. 1.151.252.,-.




Selanjutnya adalah pemasangan atap rumah dengan menggunakan plafon dan rangka besi hollow. dengan dana sebesar Rp.2.080.638.,-.







Pemasangan rangka atap dan pemasangan genteng dengan dana sebesar Rp.6.624.835.,-.







Setelah semua bangunan berdiri langkah selanjutnya adalah pembuatan plester dinding dengan dana sebesar Rp.3.300.398.,-







Selanjutnya adalah acian atau proses finishing dengan dana sebesar 959.075.,-.




Setelah bangunan sudah anda rinci maka anda dapat membuat anggaran biaya yang dikeluarkan untuk tenaga kerja yang mengerjakan bangunan. Biasanya dapat menggunakan tenaga kerja borongan dengan perhitungan per meter. Dana yang dikeluarkan adalah Rp.38.400.000.,-.



Total biaya yang anda keluarkan ada 2 anggaran yaitu untuk bahan material sebesar Rp.48.680.522.,- dan anggaran tukang sebesar Rp.38.400.000.,-.



Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Mininalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya. 



Penulis    : Septiyani
Editor      : Munawaroh
Sumber   : Youtube Dodi Kuwandi 





Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.