Desain dan Denah Renovasi Halaman Rumah Minimalis Type 36/72 Lengkap dengan RAB-nya

Desain dan Denah Renovasi Halaman Rumah Minimalis Type 36/72 Lengkap dengan RAB-nya




Homeshabby.com -- Biasanya ketika anda membuat bangunan rumah ada hal yang sengaja tidak diselesaikan ataupun sudah menjadi bangunan rumah yang siap ditempati namun kurang suka atau memerlukan perbaikan ulang. Iya hal tersebut biasa disebut renovasi rumah. Renovasi atau remodeling adalah proses merombak, memperbaharui, memperbaiki, menyempurnakan struktur atau bentuk, atau juga memberi desain tambahan pada bangunan rumah. Namun, tentunya ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan sebelum memulai merenovasi sebuah bangunan rumah. Salah satunya adalah biaya yang dikeluarkan. Disini kami sajikan RAB yang dikeluarkan untuk merenovasi rumah pada bagian halaman rumah type 36/72. Semoga dapat membantu anda. 



Pada rumah minimalis tampak atas terdapat atap dengan model atap pelana yang terdiri dari dua bagian atap yang miring ke arah yang berlawanan dan ditempatkan dengan baik sehingga membentuk ujung horizontal pada titik tertinggi atap. Anda dapat juga menambahkan atap kaca sehingga pencahayaan secara alami dapat tercipta dalam rumah. 



Pada bagian dapur dengan desain yang minimalis modern ini berbentuk letter L dengan pilihan warna putih dan dipadukan dengan dinding material batu ekspos unfinished membuat dapur anda tampil menjadi lebih terang dan luas. 



Denah dari rumah minimalis type 36/72 ini terdiri dari taman depan dengan ukuran 3 x 3 m, Carport ukuran 3 x 4,57 m, masuk ke dalam rumah terdapat ruang tamu ukuran 3 x 4,425 m, 2 kamar tidur yang sejajar dengan pembatas kamar mandi, dapur dengan bentuk letter L ukuran 3 x 3 m, laundry room ukuran 3 x 2 m. 


Desain bangunan rumah yang belum dilakukan renovasi, terlihat rumah yang nampak kosong dan sederhana. Hanya terdapat halam depan dengan pintu single dan jendela di sisi samping pintu dan terdapat tempat duduk memanjang di letakkan di depan pintu.




Setelah bangunan dilakukan renovasi halam depan rumah nampak lebih modern elegant dan rapi. Pada halaman depan rumah ditambahkan pagar putih lengkap dengan kanopi sebagai carport. Selain itu juga ditambahkan material batu ekspos unfinished. Selain itu, juga ditembahkan taman depan yang dapat menjadi area hijau dalam bangunan rumah. 


RAB (Rancangan Anggaran Biaya) yang dikeluarkan dalam merenovasi bangunan depan atau halaman depan ini sebesar Rp.30.312.000.,-. Adapun rincian biaya yang harus dikeluarkan berupa pondasi rumah, pembuatan rumah, membeli kusen dan jendela, pembuatan atap dan plafon, pembuatan instalasi listrik, pembuatan infrastruktur berupa pagar dan kanopi. Semua anggaran ini tergantung dari masing-masing daerah anda dan juga model atau desain yang anda inginkan. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan tukang atau kontraktor yang anda pilih.



Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Mininalis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya. 




Penulis    : Septiyani
Editor      : Munawaroh
Sumber    : youtube Gennaro Desain






Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.