Solusi bagi Ruangan Kecil : Gunakan Pintu Lipat ini bikin Ruangan Terasa Lega dan Nyaman

 Model desain pintu lipat untuk solusi ruangan kecil

Homeshabby.com -- Bunda yang tinggal di wilayah padat penduduk tentu mengalami permasalahan mengenai ukuran lahan bangunan yang terbatas. Membangun rumah minimalis yang sesuai badget dengan tata letak ruangan yang tepat dan tidak akan menampilkan kesan yang sempit. Rumah minimalis tentu akan memiliki kapasitas ruangan yang terbatas. Kali ini homeshabby.com mempunyai solusi bagi ruangan kecil agar terlihat lebih lega dan nyaman yaitu dengan menggunakan pintu lipat. Anda penasaran apa kelebihan menggunakan pintu lipat ? Makanya, mari simak artikel ini sampai habis :)


Folding door / pintu lipat

Jenis pintu lipat satu ini paling umum dan selalu diminati dan digunakan dibangunan manapun terutama rumah dengan konsep minimalis. Folding door jenis alumunium dan kaca tempered ini dapat memberikan kesan rapi dan saving space. Untuk posisi yang tepat, anda bisa menempatkannya pada ruang keluarga di bagian lantai atas dan digunakan sebagai pembatas ruang dengan balkon atau mungkin di lantai dasar yang menyatu dengan garden. Sehingga aktifitas bersantai anda lebih menyenangkan dengan menikmati pemandangan secara langsung dari luar rumah.


Pintu lipat / folding door ketika posisi terbuka

Pintu jenis ini dapat dibuka dan ditutup dengan cara didorong atau di geser kesamping dan ditumpuk diujung dekat tembok.  Namun, ketika memilih jenis folding door ini sebaiknya mengenai penataan interior untuk tidak terlalu mendekati pintu lipat sehingga space disekitarnya lebih lapang dan mudah ketika mengayunkan pintu untuk membukanya. 


Lipatan pintu yang lebih detail

Aplikasi penggunaan folding door ini biasanya pada living room baik di bagian tengah maupun belakang yang menghadap ke taman di luar rumah yang sejuk. Sehingga walaupun ukuran ruangan di dalam rumah terbatas namun dengan adanya pintu lipat dengan bahan kaca transparan akan terkesan lebih lega dan udara luar yang segar akan dapat dinikmati di setiap sudut ruang. Jangan lupa untuk rutin menjaga kebersihan baik dari bagian kaca maupun bagian dalam rell pintu lipat ini agar tetap mudah digunakan saat dibuka-tutup bebas dari kotoran.


Folding door yang praktis dan efisien

Pemilihan jenis folding door juga harus disesuaikan dimana anda akan menempatkannya. Ketika anda memilih jenis folding door kaca seperti di atas, sebaiknya jangan menempatkannya di bagian ruangan paling depan rumah, karena bahan nya dan modelnya yang rentan di bobol orang sehingga tidak akan memberikan safety bagi keluarga. Tempatkan pada ruangan di bagian samping, belakang ataupun lantai atas jika rumah anda bertingkat. Rumah kecil akan menjadi lebih lega dan mampu memberikan ruang gerak yang lebih leluasa ketika anda memilih pintu jenis ini.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.