Desain dan Denah Rumah Sederhana Ukuran 7 x 12 M Tampil Lebih Mewah dan Modern

Desain dan denah rumah minimalis

Homeshabby.com -- Selamat pagi bund, Kali ini homeshabby.com akan membagikan inspirasi mengenai desain dan denah rumah sederhana dengan ukuran bangunan 7 x 12 m tampil lebih elegan dan modern. Letak dan dekorasi interior setiap ruangannya di pilih menggunakan konsep yang modern dan tidak ketinggalan zaman. Walaupun fasad bangunan terkesan lebih simpel namun bahan material eksterior yang alami mampu membuat desain rumah ini terkesan mewah dan kekinian. Berikut penjabarannya beberapa inspirasi ruangan di dalam desain rumah ini :



Tampak depan rumah

Eksterior rumah ini menggunakan pagar besi sliding gate dengan cat hitam yang terkesan tegas di kombinasikan dengan rangka kayu vertikal senada dengan pagar sebelah kiri berbahan batu bata finishing cat yang terlihat menarik karena juga di padu padankan dengan teralis besi horizontal agar lebih safety bagi penghuni rumah. Pada sebagian tembok fasad di pilih bahan marmer agar udara segar dari tanaman dapat menciptakan suasana lebih asri dan adem. Atap carport di pilih model besi hollow kotak-kotak seperti halnya desain rumah bergaya minimalis pada umumnya.



Ruang tamu

Masuk pada inti rumah, di sambut oleh desain ruang tamu yang terlihat ciamik. Warna beige dan putih di pilih menjadi warna utama desain ruangan ini agar suasana hangat dan menenangkan dapat di nikmati keluarga dan tamu yang berkunjung. Gunakan teralis besi ringan pada kusen pintu jika anda memiliki anak-anak yang masih terbilang kecil agar lebih safety walaupun pintu dalam keadaan terbuka. Sofa tamu dengan cover tertutup lengkap dengan puff dan karpet lantai bermotif dengan warna yang serupa. Hiasi sofa dengan menambahkan bantal kecil berwarna kontras yang lebih menonjol. Serta coffee table di bagian tengah yang saving save dan end table di samping sofa untuk peletakan hiasan tanaman kecil yang dapat mempercantik ruang tamu di hunian anda. Untuk lokasi, tata letak furniture bisa menyesuikan keadaan space di rumah anda.



Kamar tidur anak

Beralih ke bedroom kids di bagian ruang tengah, Walaupun desain rumah sederhana ukuran 7 x 12 m anda tetap bisa menyulap dan mendekorasi interior kamar tidur seperti gambar di atas. Letak bed dan meja belajar bisa anda sesuaikan dengan selera si anak. Baik itu letak bed berdekatan dengan dinding maupun di bagian tengah agar lebih terkesan tegas dan modern. Dengan fasad yang memiliki bukaan sirkulasi yang lebar, memungkinkan desain bedroom lebih mendapatkan pencahayaan yang maksimal. Sehingga dengan warna cat abu-abu yang cenderung lebih gelap akan menciptakan suasana lebih terkesan damai dan nyaman untuk beristirahat.



Dapur

Pilih model kitchen letter L berukuran 1,7 x 3,2 m untuk menyiasati bentuk space yang berada di sudut belakang. Sehingga akan lebih memberikan jarak dengan ruangan lainnya yang berbeda fungsi. Tambahkan jendela untuk membuat anda lebih menghemat pengeluaran ketika menggunakan cooker hood agar suasana ruangan lebih nyaman dan terhindar dari asap dan bau yang menyengat. Agar terkesan lebih natural dan alami, top table kitchen menggunakan keramik bermotif kayu dan backplash dengan wallpaper batu bata ekspos berwarna putih. Pilihlah rak terbuka sebagai penyimpanan perlengkapan masak dan untuk memudahkan anda dalam mencari barang yang dibutuhkan.




Ruang laundry jemur

Beralih pada ruang laundry jemur dengan konsep semi outdoor di bagian belakang yang berdekatan dengan dapur basah di desain rumah sederhana berukuran 7 x 12 m ini. Aplikasikan dinding batu bata ekspos dengan perpaduan tata interior bagian lantai yang indentik natural dan lebih asri. Parket kayu di pilih karena lebih menyerap air dan pada steeping menggunakan keramik batu apung dengan rumput sintetis yang mengelilinginya.  Sedangkan atap teralis besi hollow berwarna hitam di atas mesin cuci di pilih untuk dimanfaatkan sebagai tempat jemur pakaian yang lebih saving space. Dengan desain seperti ini akan menciptakan suasana lebih menyenangkan dan cozy.




Denah ruangan beserta ukurannya

Berikut denah  ruangan beserta ukurannya pada desain rumah sederhana berukuran 7 x 12 m. Di bagian carport berukuran 4,5 x 3,27 m dan space kecil 1,6 x 3,2 di sebelah kiri yang dijadikan taman minimalis untuk area penghijauan. Pintu utama berada di bagian belakang carport menuju ruang tamu berukuran 3,9 x 3,2 m. Memiliki 3 kamar tidur dengan ukuran yang berbeda yaitu 3,2 x 3,2 di bagian depan, 3 x 2 m di tengah dan 3,2 x 2,4 m dan 1 kamar mandi luar yang memiliki ukuran 1 x 1,5 m. Di sebelah kanan terdapat dapur 1,7 x 3 m dan ruang servis laundry jemur 1,2 x 3,2 m.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Youtube (Desain rumah minimalis 36)



Homeshabby.com adalah website kumpulan desain rumah minimalis dari yang sederhana hingga minimalis modern. Selain itu terdapat ebberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.