Desain dan Denah Rumah Atap Perisai Ukuran Bangunan 7 x 14 M Bernuansa Biru Putih Cocok untuk Iklim Tropis




Desain dan denah rumah atap perisai ukuran 7 x 14 m

Homeshabby.com -- Hai bunda. Tinggal di daerah yang beriklim tropis tentu memiliki pengaruh besar, salah satunya dalam bidang desain hunian. Rumah di iklim tropis memiliki konsep sederhana yang mampu beradaptasi seperti mereduksi radiasi matahari yang tinggi, mencegah terjadinya kelembapan tinggi di dalam rumah, melindungi curah hujan dan mampu mengalirkan udara dari luar ke dalam dan sebaliknya. Bangunan rumah berukuran 7 x 14 m bernuansa biru putih  beratap perisai dan cocok untuk iklim tropis yang sangat menonjol membuat aksen yang berbeda dari desain rumah lainnya. 

Terlihat pada fasad penggunaan pagar besi dengan rangkaian vertikal garis tersusun secara random dan di kombinasikan dengan kayu finishing yang terkesan elegan. Pada pagar sebelah kiri di pilih aksen geometris dengan warna biru putih dan lampu eksterior yang memberikan suasana hangat pada fasad. 




Tampak samping

Terlihat bangunan rumah ukuran 7 x 14 m dari bagian samping menggunakan model atap perisai dengan talang beton untuk menyiasati aliran curah hujan agar tidak tergenang pada bagian atap. Sedangkan pada bagian samping dan belakang diaplikasikan atap kaca untuk pencahayaan taman hijau di dalam rumah. Sedangkan pada bagian carport atap rangka hollow di pilih karena lebih tahan lama dan paling banyak digemari masyarakat luar agar menciptakan komposisi desain bangunan yang lebih elegan dan modern.



Teras rumah bernuansa biru putih

Di bagian depan rumah terdapat lantai carport dari keramik hitam putih sebagai variasi warna yang cerah, sebagai dekorasi di buat sekat teralis rangka kayu dipadukan dengan batu alam untuk peletakan beragam planter yang membuat tampilan teras semakin cantik. Depan teras dapat dijadikan area motorport yang berdekatan dengan tanaman rimbun pada taman minimalis yang terkesan asri. Colortone bergaya kontemporer membuat desain rumah ini semakin sempurna.




Ruang tamu

Masuk melalui pintu utama langsung terdapat ruang tamu berukuran 3 x 2,5 m, ukuran yang mungil namun cukup untuk meletakkan sofa letter L berwarna biru senada dengan konsep rumah, armchair lengkap dengan beberapa bantal sofa bercorak yang serupa dengan karpet lantai. Mini Table berangka baja ringan di bagian tengah. Sebagai dekorasi terdapat standing lamp pada sudut ruangan dan tanaman hijau yang mampu membuat ruang terkesan segar dan nyaman. Anda juga bisa menambahkan roller blinds pada jendela yang mampu mereduksi sinar matahari yang terlalu panas.



Taman dan area wudhu di samping rumah

Ruang tamu yang berbatasan dinding dengan ruang keluarga dengan bentuk akses keluar masuk ruangan tanpa menggunakan pintu memudahkan anda untuk menambahkan taman minimalis di bagian samping dengan sliding door kaca transparan, sehingga udara segar dan pencahayaan dari taman bisa dinikmati dari dalam rumah. Pada bagian taman samping bisa dengan konsep outdoor maupun semi outdoor beratap kaca berukuran 1 x 3 m sudah cukup untuk menanami rumput hijau sebagai penyerapan air dan rak tangga berwarna biru putih untuk meletakkan beberapa planter tanaman hidup yang cantik. Pada dinding tengah menggunakan grass block beton untuk tempat berwudhu.


Denah ruangan pada rumah bernuansa biru putih berukuran 7 x 14 m

Pemilihan warna biru putih yang terkesan cerah dan ceria pada seluruh eksterior dan interior rumah sangat mempengaruhi tampilan fasad dan segala ruangan semakin cantik dan nyaman untuk di tinggali. Tata letak ruangannya sebagai berikut :

Carport berukuran 2 x 4,5 m, motorport 1,5 x 2,5 m, taman depan rumah 2,5 x 2,5 m, teras 2 x 2 m. Memiliki 3 kamar tidur yaitu 2 kamar anak di bagian depan dan master bedroom di bagian belakang yang berukuran lebih besar. Kid bedroom di sebelah kiri berukuran 3 x 2 m dan di sebelah kanan 4 x 2 m. Ruang tamu 2,5 x 3 m, taman samping 1 x 3 m, ruang keluarga 4 x 3 m, mushola 1,5 x 2 m, kitchen dan dinning room 4 x 2,5 m. Master bedroom di bagian belakang berukuran 3 x 4 m dengan 1 bathroom dalam 1,5 x 2 m. Di bagian belakang sebelah kiri terdapat ruang cuci jemur beratap kaca 1,5 x 2,5 dan 1 bathroom luar 1,5 x 1,5 m. 


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Youtube FRteam Studio




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain rumah minimalis dari yang sederhana hingga minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.