Desain dan Denah Rumah Ukuran 6 x 13 M 2 Lantai Konsep Elegan dengan Atap Miring di Lengkapi Mushola

Desain dan denah rumah 6 x 13 m + 2 lantai

Homeshabby.com -- Selamat pagi bunda. Semoga selalu diberikan kesehatan dan tercegah dari virus corona ya bund. Kali ini homeshabby.com akan membagikan inspirasi desain dan denah rumah ukuran 6 x 13 m 2 lantai konsep elegan dengan atap miring dilengkapi mushola di dalamnya. Konsep 2 lantai dengan tata letak ruang yang maksimal mampu memenuhi kebutuhan anggota keluarga anda. Berikut penjelasannya yang lebih rinci. Selamat menyimak :)


Tampak depan

Terlihat fasad bangunan yang elegan dengan konstruksi yang tegak dan atap yang memiliki bentuk yang menarik dapat menjadi focal point bagi siapa saja yang melihatnya. Pemanfaatan lahan depan yang biasanya digunakan untuk area taman berbeda dengan desain rumah ini. Keseluruhan dengan lebar 6 m dijadikan sebagai area carport. Teras terkesan transparan karena pemilihan pagar partisi berbentuk vertikal dengan kerangka besi yang membuat pandangan menuju teras tidak akan terhalangi. Pada desain rumah ukuran 6 x 13 m ini menggunakan kanopi pada bagian carport dan balkon lantai 2 dengan bahan material yang berbeda. Pada carport menggunakan kanopi galvalum sedangkan pada balkon menggunakan kanopi kaca dengan rangka besi hollow. Dengan material yang modern membuat fasad rumah terkesan lebih elegan dan kekinian.


Tampak atas

Terlihat pada bagian atas desain rumah ukuran 6 x 13 m berlantai 2 ini menggunakan atap miring / landai dengan struktur ketinggian yang berbeda. Maka hal itu akan membatasi permukaan atap ketika terkena matahari di bandingkan dengan atap datar. Bentuk atap yang landai lebih kuat dan stabil terhadap perubahan suhu khususnya pada saat musim hujan yang dapat memperlancar aliran air sehingga tidak rentan terjadinya kebocoran karena penumpukan air yang tersumbat. Pencahayaan sinar matahari ke dalam rumah yang maksimal juga di dukung dengan penggunaan kanopi kaca kerangka hollow serasi dengan area balkon depan yang dapat membuat ruangan di dalam rumah tidak terasa pengap dan lembab. Area belakang tersebut juga dapat difungsikan sebagai area jemur baju yang lebih efektif dan efisien.


Ruang tv / Ruang keluarga

Masuk pada ruang keluarga yang berada di elemen bidang yang berbeda dengan ruang tamu walaupun tidak memanfaatkan penyekat ruang apapun. Dengan ruang yang memiliki space luas yang menyatu dengan area wudhu dan dapur membuat ruang gerak anggota keluarga anda terasa lebih bebas. Desain plafon gypsum yang akan memberikan kesan cahaya yang tersembunyi pada ruangan merupakan ciri khas dari tema minimalis modern. Kesan dramatis membuat langit-langit menjadi lega dan menghangatkan bagi aktifitas santai anda.




Mushola

Letak posisi mushola ini tepat dibagian depan bersebelahan dengan ruang tamu pada bidang yang berbeda berukuran 3 x 2 m. Desain yang diciptakan pada mushola ini terkesan elegan dan modern. Pemilihan warna putih yang menjadi warna utama dari konsep rumah membuat dekorasi lainnya lebih menonjol seperti rak terbuka di posisi kiblat dengan hiasan tembok ukiran berwarna emas dan lukisan bernuansa islami mambu menambah nilai estetika ruangan tersebut. Sehingga aktifitas beribadah anda akan lebih nyaman dan menenangkan.


Kamar tidur utama

Beralih ke kamar tidur utama pada desain rumah ukuran 6 x 13 m ini yang terletak pada lantai 2 menyatu dengan area pemandangan di luar rumah. Desain kamar tidur yang memiliki ukuran space paling luas daripada kamar tidur lainnya memungkinkan anda untuk meletakkan bed queen size serta rak memanjang sebagai tempat peletakan tv dan penyimpanan buku ataupun dekorasi pemanis lainnya yang akan memberikan suasana kamar tidur lebih fungsional. Letak ruangan yang berdampingan langsung dengan area luar menambah lebih sempurna dengan pemanfaatan pintu atau jendela kaca dengan bukaan yang lebih efisien. Hal itu akan memberikan suasana kamar tidur lebih cerah dan menyegarkan sehingga anda ajan betah berlama-lama di dalam kamar.




Denah ruangan lantai 1

Inilah penjelasan lebih rinci mengenai beragam ruangan dalam desain rumah ukuran 6 x 13 m beserta ukurannya. Pada lantai 1 lebih dimanfaatkan untuk public area seperti area carport yang melebar dengan kapasitas 2 mobil atau kendaraan lainnya yang lebih longgar dengan ukuran 4,25 x 6 m. Masuk pada area ruang tamu sebelah kanan dengan pintu masuk utama 2,75 x 3 m yang menyatu dengan ruang tv, dapur serta tempat wudhu yang berbatasan dengan penyekat ruang untuk ukuran pembagian setiap ruangan bisa dilihat digambar atas. Lanjut pada bagian mushola di samping ruang tamu memiliki ukuran 3 x 2 m. Kamar mandi luar dibagian belakang 1,5 x 3 m.


Denah ruang lantai 2

Sedangkan pada bagian lantai 2 dimanfaatkan untuk private area dengan 4 kamar tidur dan ukuran yang berbeda-beda. 1 kamar tidur di bagian depan balkon sebelah kanan berukuran 3,25 x 3 m berdampingan langsung dengan 1 kamar tidur yang lebih luas yaitu 3 x 6 m. Di bagian belakang sebelah kiri terdapat 2 kamar tidur di elemen bidang berbeda berukuran 3 x 3 m dan 2,5 x 3 m. Sedangkan pada bagian sebelah kanan yang menyatu dengan tangga terdapat ruang keluarga untuk pemilik rumah 3 x 5 m dan 1 area servis berserta tempat jemur dan 1 kamar mandi dengan atap kaca berukuran 3 x 3 m.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor   : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber





Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adlah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.