Engglis Version

Kelebihan Konsep Desain Rumah Tropis



Homeshabby.com -- Tinggal di Indonesia yang beriklim tropis, membuat sebagian besar orang membangun rumah dengan konsep rumah tropis pula. Rumah tropis memiliki konsep sederhana, yang mampu beradaptasi dengan elemen iklim tropis, yaitu mereduksi radiasi matahari yang tinggi, mencegah terjadinya kelembapan tinggi di dalam rumah, melindungi dari curah hujan yang tinggi, dan mampu mengalirkan udara dari luar ke dalam dan sebaliknya. Kondisi iklim di daerah tropis sangat dipengaruhi oleh penyinaran matahari yang terjadi terus menerus setiap hari sepanjang tahun. Rata-rata daerah tropis menerima cahaya matahari hampir selama 12 jam sehari. 
Tapi tenang saja, konsep desain dimana bentuk maupun elemen-elemen pembentuknya dirancang sedemikian rupa sehingga cocok dan nyaman untuk daerah beriklim tropis juga mempunyai beberapa keunggulan. Diantaranya :

1) Desain dengan di lengkapi pencahayaan alami



Pada bagian ruang tamu yang berlokasi di bagian depan, umumnya berdekatan dengan area teras serta taman hijau di depan rumah. Sehingga dengan penggunaan warna cerah serta jendela dapat menjadi akses sirkulasi udara maupun pencahayaan dari luar rumah bisa menyatu dalam ruang tamu. Hal itu dapat meminimalisir penggunaan listrik lantaran adanya pencahayaan alami secara maksimal pada siang hari. Dengan kondisi tersebut rumah tidak perlu banyak menggunakan lampu penerang. Pastinya, rumah juga sehat untuk penghuninya.



2) Kesan natural dan luas pada furniture


Desain kamar mandi yang menggunakan furniture dengan ornamen-ornamen berbahan kayu dan batu alam mampu memantulkan panas, tahan terhadap air hujan dan ruangan dapat terasa sejuk walaupun pada musim panas sepanjang tahun. Sebagai tambahan pelengkap adanya cermin pendukung yang beranda di atas wastafel menjadikan ruangan kamar mandi terkesan luas dan nyaman.



3) Dekorasi tanaman hijau


Untuk ruangan di dalam rumah yang tidak berdekatan dengan halaman atau taman hijau, selain pemakaian material yang berbahan alam, penambahan dekorasi tanaman hijau disetiap sudut ruang juga sangat penting untuk mendukung suasana terlihat lebih segar. Tanaman hijau mampu mendinginkan udara panas yang masuk dari jendela. Sehingga temperatur ruang makan dan dapur terasa lebih rendah.




Lanjut pada desain dibagian belakang. Rumah dengan konsep tropis yang memiliki lahan kosong, dapat dimanfaatkankan sebagai area transisi dengan penghijauan berbagai tanaman / rumput. Luas bangunan idealnya 50% untuk bangunan dan 50% untuk area terbuka. Sehingga mampu menghadirkan suasana sejuk, bersih dan sehat untuk rumah konsep tropis.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya untuk membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor   : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.