Desain dan Denah Rumah Ukuran 8 x 13 M yang Asri Cocok untuk Keluarga Baru


Homeshabby.com -- Rumah selain untuk berlindung dari kondisi panas dan hujan, juga sebagai tempat berkumpul bersama keluarga sehingga rumah selalu terkesan hangat dan nyaman. Memiliki rumah minimalis yang asri tentu menjadi idaman setiap orang, terutama yang sudah memiliki pasangan. Namun, untuk keluarga baru dan masih sangat muda, impian untuk bisa memiliki rumah seringkali terkendala dengan permasalahan dana. Namun sebenarnya biaya membangun dan merenovasi rumah dengan konsep asri tidaklah selalu mahal, bisa disesuaikan dengan anggaran yang anda miliki. Dengan kreatifitas dalam memadukan elemen-elemen rumah, niscaya impian anda dapat terwujud.
Berikut desain dan denah rumah ukuran 8 x 13 M yang asri dengan versi penggunaan pagar depan dan non pagar ;



Rumah tanpa pagar

Ungkapan "rumah tanpa pagar berarti tanpa privasi" harus dihilangkan dari benak anda. Karena dengan penataan eksterior seperti memanfaatkan tanaman rumput sebagai pengganti adanya pagar tersebut bisa anda coba, walaupun rasa aman yang di dapat tidak maksimal. Anggaran bangunan rumah tanpa pagar dengan ukuran 8 x 13 m ini kurang dari 100 juta sehingga anda bisa lebih menghemat pengeluaran dalam membuat sebuah rumah. Anda juga tidak dipusingkan dengan perawatan pagar yang harus dilakukan secara berkala, yang pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit pula. 
Selain itu, rumah yang dibuat tanpa menggunakan pagar sebagai pembatasnya, akan menjadikan rumah terlihat lebih luas, dan menyatu dengan alam. Sehingga rumah yang anda tempati akan terlihat asri. Dengan adanya keunggulan tersebut, desain rumah ini cocok untuk anda keluarga baru yang ingin membangun rumah idaman tanpa pusing memikirkan budget yang besar.


Rumah dengan pagar

Jika anda menginginkan hunian di lengkapi pagar pembatas sebagai pengaman rumah, desain rumah ini dapat anda aplikasikan. Rumah ini walaupun menggunakan pagar besi minimalis tetap akan menjadikan halaman rumah terlihat luas karena didukung oleh bentuk pagar dengan garis vertikal sebagai pembatas. Warna putih yang bisa menyesuaikan tema rumah membuatnya terkesan elegan. Bagi keluarga baru, untuk meminimalisir pengeluaran dana dapat dengan menggunakan  material - material bangunan yang low budget, seperti batu-bata merah yang lebih murah dibandingkan dengan batu bata beton tapi tetap memiliki kualitas yang baik. Sehingga anda tetap bisa membangun rumah idaman dengan pengamanan yang cukup.





Di dalam interior ruang keluarga / living room, sebaiknya menggunakan furniture yang tidak berlebih. Desain dengan konsep alami dan natural dipantulkan oleh penggunaan jendela yang langsung menyatu pada lingkungan luar, penambahan tanaman anggrek dan penyekat ruang yang berbahan kayu asli. Pencahayaan yang cukup dapat menghemat penggunaan listrik pada siang hari dan dengan adanya penyekat ruang untuk ukuran rumah 8 x 13 m akan membuat desain dalam rumah terasa lebih luas dan fungsional di bandingkan dengan dinding pembatas antar ruang yang akan bikin rumah terasa sempit.


Inilah detail denah rumah dengan ukuran lahan 8 x 13 m yang asri dan cocok untuk keluarga baru dan memiliki budget yang tidak terlalu besar. Nampak dari atas posisi denah secara keseluruhan beserta ukuran di setiap ruangan. Penggunaan sisa lahan kosong dengan area penghijauan baik di depan rumah, samping maupun di belakang rumah sehingga suasana terlihat lebih sejuk dan alami karena sirkulasi udara segar yang di peroleh dari taman.


Di bagian depan terdapat carport ukuran 3 x 5 m yang bisa memuat 1 mobil dan 1 sepeda motor, taman mini 2 x 3 m, ruang tamu  2 x 3 m dan ruang keluarga serta meja makan / dining room yang dibatasi oleh penyekat ruang berukuran 5 x 3 m, di sebelah kiri terdapat 2 kamar tidur yang bersebelahan dengan ukuran yang senada yaitu 2,75 x 3 m.

Selanjutnya, pada bagian belakang ada dapur 1,5 x 2 m yang berhadapan dengan kamar mandi minimalis ukuran 1,5 x 1,5 m. Terakhir adanya taman hijau di belakang rumah 6 x 1,5 m dan di samping rumah memanjang sampai belakang berukuran 2 x 12 m.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.