Inilah Beberapa Teras Yang Bagus Dalam Mengatasi Genangan Air dan Banjir

Inilah Beberapa Desain Teras Yang Bagus Dalam Mengatasi Genangan Air dan Banjir 




Homeshabby.com -- Genangan air dan banjir adalah suatu permasalahan yang terjadi ketika memasuki musim penghujan. Terkadang hal tersebut menjadi kita sebagai pemilik rumah menjadi resah. Untuk itu kami memberikan beberapa cara agar dapat meminimalisir terjadinya genangan air dan banjir yang terjadi di sekitar area rumah anda. Yuk simak selanjutnya :)

Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu mengenai penyebab dari genangan air dan banjir itu sendiri yang terkadang hal itu terjadi mungkin karena faktor dari manusia diantaranya adalah : 

Kemungkinan pertama dari terjadinya genangan air dan banjir adalah membuang sampah sembarangan. Hal ini dikarenakan jika kita membuang sampah sembarangan tentunya nanti akan menghambat saluran air. Sehingga menyebabkan sungai dan selokan meluap. 

2. Tidak Ada Resapan
Pentingnya kita dalam membuat resapan di area rumah adalah jika terjadi hujan yang lebat maka air akan mendapatkan resapan yang baik sehingga tidak terjadi genangan dan banjir. 

3. Saluran Air Yang Mampet 
Saluran air yang mampet dapat menyebabkan air tidak dapat mengalir secara maksimal karena terhambat oleh sampah yang menyumbat. Untuk itu sangat diperlukan untuk membersihkan selokan secara berkala. 

Nah, setelah kita mengetahui penyebab dari terjadinya genangan air dan banjir maka sebaiknya kita harus menjaga lingkungan dengan menghindari hal-hal tersebut. Untuk pencegahan yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut :

1. Menanam Pohon Di Area Rumah 


Pepohonan mempunyai peranan yang sangat besar untuk mencegah timbulnya banjir. Akar akar pohon dapat menyerap dan menyimpan air. Sehingga ketika hujan terjadi, air hujan akan terserap kedalam tanah. Untuk jenis tanaman yang paling baik menyerap air adalah pohon yang mempunyai batang dan akar yang besar. 

2. Membuat Biopori



Salah satu hal dapat kita lakukan di area rumah adalah dengan membuat lubang biopori. Lubang serapan biopori adalah teknologi yang ramah lingkungan untuk dapat mengatasi genangan dan banjir. Cara pembuatannya pun sangat mudah yaitu dengan mengubah sampah organik menjadi kompos yang ditimbun didalam tanah. Selain itu lubang biopori sangat baik untuk akar tanaman dan mengurangi penyakit malaria yang ditimbulkan dari genangan air.

3. Membuat Paving Stone 


Hal yang dapat kita lakukan adalah dengan membuat paving sebagai bahan jalan rumah. Karena paving yang berbentuk kotak-kotak dan terdapat celah antara paving satu dengan yang lain maka akan dapat mudah dilewati oleh air untuk dapat meresap ke dalam tanah. 

4. Adanya Space Go Green


Adanya space green di area rumah dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya genangan air dan banjir. Hal ini dapat kita maksimalkan dengan menanam pepohonan. Selain itu sirkulasi udara menjadi sangat baik di rumah anda. 

Sekian dari kami semoga bisa bermanfaat bagi anda dirumah..😊



Pesan Produk Whatsapp : 08568160677

Pesan Produk Whatsapp : 08568160677


Pesan Produk Whatsapp : 08568160677



Bagi Bunda yang ingin mencari Aneka Hiasan Dinding, Rak Shabby, Kaligrafi, Keset Home, Keset Kitchen, Wall Decor, dll. Bunda cukup klik www.helloshabby.com atau follow Instagram @hello.shabby. Hello Shabby memberi peluang bagi Ibu Rumah Tangga yang ingin berbisnis menjadi Reseller yang menguntungkan. Bersama Hello Shabby membawa keuntungan bagi kita semua.