Perhitungan Biaya Pembuatan Rumah Minimalis Tahun 2020

Perhitungan Biaya Pembuatan Rumah Minimalis Tahun 2020

foto by google

Helloshabby.com -Anda ingin membuat rumah idaman?? banyak jalan yang dapat dilakukan untuk membuatnya. Dengan jalan KPR?? atau membuat sendiri ??. Jika anda membuat rumah dengan cara KPR maka anda hanya bisa memilih sesuai dengan desain yang telah ditentukan, namun jika anda memilih pembuatan sendiri maka tentu dapat membuat desain sendiri, memilih jenis material yang digunakan, dan dari segi kualitas pastinya akan lebih bagus dan lebih memuaskan. Nah untuk itu kami akan menjelaskan mengenai perhitungan biaya rumah minimalis dari mulai pembelian material, biaya tukang, dll. Simak selanjutnya ... :)

1. Pembelian Material
Dalam pembuatan rumah minimalis ada bahan - bahan yang harus anda siapkan. Antara lain batu bata, kayu, semen, pasir, keramik, cat rumah, pintu jendela, genteng, gamping dan besi. Dibawah ini kita jabarkan estimasi harga dari masing - masing bahan tersebut sebagai berikut :



a. Batu Bata
Dalam pemilihan batu bata yang baik biasanya berwarna merah pekat, tekstur keras, tidak mudah pecah. Untuk harganya sendiri berkisar antara Rp 500 sampai Rp 900 / per biji.

b. Kayu
Penggunaan kayu biasanya digunakan untuk reng genteng, rangka rumah, dll. Untuk pemilihan jenis kayu sendiri usahakan jangan memilih jenis kayu yang masih basah karena nantinya akan mudah melengkung. Penggunaan kayu untuk reng genteng anda bisa memilih kayu jati karena memiliki zat alami anti rayap, tidak mudah melengkung, mempunyai serat yang bagus, dll. Kisaran harga kayu tersebut antara 15rb sampai 80 rb (per 4 meter). 

c. Semen
Dalam pembangunan rumah fungsi dari semen sendiri adalah untuk perekat. Adapun harganya bervariatif tergantung dari merk biasanya berkisar antara 50rb sampai 60rb per 50kg nya. Penggunaan dari semen sendiri merupakan yang paling banyak digunakan karena semen digunakan untuk setiap proses pembangunannya. 

d. Pasir
Pasir digunakan untuk campuran dari semen. Usahakan anda memilih jenis pasir dengan kandungan lumpur yang sedikit karena hal ini akan mempersulit perekatan antara semen dan pasir. Dari segi harga sendiri berkisar antara 120rb sampai 200rb. 

e. Keramik
Untuk keramik sendiri biasanya pembelian per box / (M2) harga berkisar antara. Tergantung dari bahan keramik tersebut dan ukuran. 

d. Cat Rumah 
Pemilihan cat rumah dapat disesuaikan dengan kondisi rumah. Anda bisa memilih cat waterproof untuk area lembab. Untuk kisaran harga antara 50rb sampai 100rb. 

e. Pintu dan Jendela
Pintu dan jendela biasanya dijual sepasang dengan kusen yang harganya untuk berbahan kayu pastinya lebih mahal daripada berbahan aluminium. 

d. Genteng 
Untuk kisaran dari harga genteng sendiri bervariasi tergantung dari jenis bahan yang digunakan. Ada beberapa jenis bahan dari genteng itu sendiri antara lain keramik, kaca, beton, tanah liat, dll. Untuk harga yang paling murah biasanya jenis genteng tanah liat berkisar 4rb sampai 8rb.

e. Gamping 
Gamping atau batu kapur merupakan batuan yang terbuat dari kalsium karbonat (CaCO3) yang biasa digunakan untuk pertenakan, konstruksi, dll. Fungsi dari batu kapur atau gamping untuk mempermudah dan mengikat semen dan pasir sehingga mempercepat proses pengeringan ( ini digunakan untuk area kota kecil dan perkampungan, berbeda dengan di kota besar seperti Jakarta dll ). 

f. Besi 
Penggunaan besi pada rumah biasanya untuk pondasi rangka rumah, memperkuat beton penyangga pada rumah. Kisaran harga dari besi ini bervariasi tergantung dari ukuran dan jenisnya berkisar antara 20rb-100rb.

2. Pembiayaan Tukang


Biasanya tukang pekerja bangunan terdiri dari tiga sistem pengupahan yaitu upah harian, upah borongan penuh, upah borongan jasa. Nah untuk pemilihan dapat disesuaikan dengan pemilik rumah jika menginginkan hasil yang cepat maka dapat memilih borongan namun jika menginginkan hasil yang rapi dan maksimal maka dapat memilih pekerja harian. Untuk harga jenis upah harian berkisar antara 100rb sampai 150rb tergantung dari jenis daerah dan kualitas pekerja. Jenis borongan biasanya dihitung dari luas bangunan yang dikerjakan biasanya berkisar antara 700rb sampai 900rb per m2. 




3. Biaya Tambahan

Anda harus menyiapkan biaya tambahan untuk mempersiapkan hal-hal tidak terduga. Anda juga bisa membuat biaya tersebut untuk pembuatan taman, kolam, dll.



Sekian dari kami semoga bisa bermanfaat untuk anda ...:)





Keset dan hiasan rumah silahkan pesan melalui whatsapp 08568160677

Keset dan hiasan rumah silahkan pesan melalui whatsapp 08568160677

Keset dan hiasan rumah silahkan pesan melalui whatsapp 08568160677

Keset dan hiasan rumah silahkan pesan melalui whatsapp 08568160677

Bagi Bunda yang ingin mencari Aneka Hiasan Dinding, Rak Shabby, Kaligrafi, Keset Home, Keset Kitchen, dll. Bunda cukup klik www.helloshabby.com atau Follow Instagram @Hello.Shabby untuk pemesanan kontak whatsapp 08568160677. Hello Shabby memberi peluang bagi Ibu Rumah Tangga yang ingin berbisnis menjadi Reseller yang menguntungkan. Bersama Hello Shabby membawa keuntungan bagi kita semua.