Cara Pintar Menata Ruang Keluarga Minimalis




Helloshabby.com -Ruangan yang minimalis dalam hal ukuran bisa disiasati dengan penataan yang pas untuk memaksimalkan ruang sekaligus membuatnya nyaman. Berikut ini tips menata ruang keluarga yang kecil:
  • Maksimalkan cahaya alami. Ruang keluarga yang terang berkat sinar matahari selalu terlihat lebih leluasa dan nyaman. Dalam menata ruang keluarga, pastikan tidak ada perabotan yang menghalangi jendela. Buka semua gorden dan jendela di pagi hari agar udara segar dan cahaya mentari mengisi ruangan. Lap kaca jendela secara rutin menggunakan pembersih kaca berkualitas, seperti pembersih kaca, agar sinar matahari tidak terhalang debu.
  • Pilih warna terang. Warna pastel atau warna terang untuk perabotan besar memberi kesan ringan sehingga ruangan tidak terasa sesak. Hindari warna gelap, seperti hitam dan coklat tua, untuk perabotan besar seperti sofa karena warna gelap membuat ruangan terlihat penuh. Sedangkan untuk perabotan kayu, pilih warna natural kayu yang tidak terlalu direkayasa dengan lapisan pernis.
  • Tempatkan berbagai wadah cantik. Cara menata ruang keluarga yang baik tidak hanya berfokus pada harmonisasi, tetapi juga harus fungsi. Letakkan boks atau wadah cantik lain di ruang keluarga untuk menyimpan barang sesuai jenisnya sehingga ruang keluarga terlihat rapi setiap saat. Misalnya, sediakan boks untuk mainan anak, keranjang rotan untuk koran, mangkuk cantik untuk uang receh, kotak untuk berbagai kunci, dan sebagainya. Hasilnya, tidak ada barang berserakan di ruang keluarga sehingga ruangan terasa lebih lega.
  • Manfaatkan dinding untuk memajang objek-objek dekorasi dan perangkat elektronik. Televisi layar datar sebaiknya digantung di dinding sehingga bisa disejajarkan dengan ketinggian mata saat duduk di sofa. Lukisan dan hiasan lain bisa disusun di dinding agar lebih banyak bidang lantai yang terbuka untuk pergerakan penghuni rumah.
  • Pantulkan cahaya. Cahaya matahari dan lampu akan terpantul dari berbagai kaca di dalam ruangan, mulai dari kaca pigura hingga kaca meja. Pantulan cahaya ini akan membantu ruangan terlihat lebih terang dan membuat ruangan terkesan lebih bersih. Ingat bahwa debu sangat mudah terlihat di permukaan kaca, jadi rajin-rajinlah mengelapnya.
  • Tambahkan tanaman hidup. Kehadiran tanaman hidup sering dianjurkan sebagai cara menata ruangan yang seimbang karena berfungsi sebagai dekorasi sekaligus membuat ruang keluarga terasa asri dan nyaman. Sekecil apa pun ruang keluarga, pasti ada tempat untuk pot kecil tanaman. Pilih tanaman khusus untuk dalam ruangan yang mudah dirawat.
  • Ketika merancang penataan ruang keluarga, Anda sebaiknya berfokus pada penghuni tetap rumah, bukan kerabat yang berkunjung sesekali, apalagi tamu. Oleh karena itu, tata letak perabotan dan ketersediaan perabotan hanya perlu mempertimbangkan ukuran keluarga.
Panduan di atas bisa Anda perkaya dengan pilihan desain perabotan yang tidak memakan banyak tempat dan mudah dirawat.