Rumah Anti Banjir dengan Menerapkan 7 Cara Mencegah Banjir Saat Musim Hujan di Rumah

 
Rumah Anti Banjir dengan Menerapkan 7 Cara Mencegah Banjir Saat Musim Hujan di Rumah


Homeshabby.com -- Musim hujan merupakan musim yang ditunggu-tunggu setelah kemarau panjang yang panas. Saat musim hujan diharapkan semua tanah yang kering kembali basah dan lembab sehingga tanaman di lingkungan rumah bisa subur segar kembali menghijau. Walaupun demikian, musim hujan yang curahnya terlalu lama dan intensitasnya tinggi juga perlu diwaspadai. Karena jika anda tinggal di dataran rendah resiko untuk mengalami kebanjiran cukup tinggi dan bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Namun anda tak usah khawatir saat musim hujan tiba dengan curah hujan tinggi. Anda bisa siap-siap melakukan beberapa hal untuk mengantisipasi banjir masuk ke dalam lingkungan rumah. Sebagai cara mudahnya yang bisa anda terapkan, simak Rumah Anti Banjir dengan Menerapkan 7 Cara Mencegah Banjir Saat Musim Hujan di Rumah di bawah ini:



Meninggikan elevasi rumah 

rumahthehartanto

Kontur atau permukaan tanah pada setiap lahan cukup berbeda. Ada yang terlalu tinggi dan harus di gali, ada yang sebagian terlalu curam sehingga harus di urug agar permukaan tanahnya sama. Kedua cara tersebut bisa jadi salah satu solusi efektif untuk mencegah banjir saat musim penghujan tiba. Namun anda bisa menggunakan cara lain dengan meninggikan permukaan rumah atau batas rumah antara lahan yang kosong seperti gambar di atas. Perbedaan elevasi rumah dan halaman biasanya setinggi 10 cm yang memungkinkan air tidak akan masuk ke dalam rumah saat curah hujan tinggi.



Membuat area penghijauan

mellyputrie_

Tanpa disadari, membuat hunian dengan tidak menghabiskan keseluruhan lahan untuk bangunan dapat memberikan fungsional lebih. Terlebih lagi di saat musim hujan tiba, area penghijauan sangat membantu mencegah banjir masuk dan menggenangi lingkungan sekitar. Karena akar tanaman dan pohon yang ada di rumah mampu menyerap air dalam jumlah besar serta menyimpannya di dalam akar. 


Membuat sumur resapan atau biopori

rumah_shaqueen


Cara berikutnya yang bisa anda terapkan di rumah untuk mencegah kebanjiran adalah dengan membuat sumur resapan atau sumur biopori. Untuk membuat sumur resapan tersebut anda perlu lahan yang luas dan jauh dari septitank dengan jarak sekitar 10 m. Anda bisa membuat sumur resapan ini dengan menyewa tenaga ahli dalam bidang membuat sumur cara bor. Atau yang lebih praktisnya, anda bisa membuat lubang-lubang kecil (biopori) yang sistem kerjanya sama dengan sumur resapan. 

Dengan menggunakan sumur resapan atau biopori ini rumah akan semakin aman dari banjir meski curah hujannya tinggi.


Membersihkan saluran irigasi

ist_tie


Jika anda tinggal di area perumahan, kompleks ataupun perdesaan irigasi akan selalu berada di depan karena biasanya belakang rumah sudah tidak ada lahan lagi untuk ditambah saluran air. Adanya saluran irigasi ini sangat membantu mengalirkan air ke hilir sungai sehingga mampu mengatasi banjir. Namun, dengan kondisi saluran air yang tersumbat oleh berbagai sampai atau tanaman liar yang tumbuh bisa menghambat jalannya air untuk mengalir. Anda bisa membersihkan saluran air ini secara berkala setiap satu minggu sekali dan tetap menerapkan membuang sampah pada tempatnya agar tidak menyumbat saluran air yang menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir.


Menggunakan paving blcok di halaman rumah

varamelodia


Solusi praktis dan mudah bisa anda jadikan contohnya untuk mencegah banjir masuk ke dalam rumah adalah dengan memasang paving block. Paving block ini bisa jadi pilihan untuk menutupi lahan di sekitar rumah yang terbuat dari semen atau keramik. Material yang memiliki pori-pori ini akan menyerap air hujan masuk ke dalam tanah sehingga bisa mampu mencegah air menggenang di halaman rumah.


Mengurug lahan yang terlalu curam

mayatriswandi


Mengurug tanah yang curam atau tidak terlalu tinggi bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya banjir di sektiar rumah. Anda bisa mempertimbangkan terlebih dahulu level tinggi permukaan lantai di rumah. Sehingga saat mengurug lahan yang masih curam bisa di bedakan elevasinya. Dapat menggunakan kombinasi batu alam atau kerikil pasir setalah proses bangun rumah agar tinggi dan tidak membuat air menggenang.



Memberikan batasan antara taman dan halaman rumah

lolitainc


Membedakan elevasi rumah dengan teras dan halaman rumah cukup diperhatikan saat membangun hunian. Karena elevasi yang sama antara rumah dan halaman akan memungkinkan air masuk ke dalam rumah dengan mudah apalagi saat musim penghujan tiba. Nah anda bisa melihat perbdaan elevasi pada rumah ini dari bagian teras, halaman rumah atau carport dan juga taman. Meski taman elevasinya lebih tinggi ketimbang carport rumah, anda tak perlu khawatir jika hujan lebat dan air akan masuk ke lingkungan rumah. Karena taman ini dijadikan sebagai tempat resapan air dan unsur peghijauan yang bisa menyerap air dengan mudah.




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.