6 Inspirasi Desain Taman Bawah Tangga Rumah Minimalis


Homeshabby.com -- Ruang bawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai taman minimalis. Taman minimalis di dalam rumah atau biasa disebut inner court ini nantinya dapat mengalirkan kesegaran ke segala penjuru rumah. Desain taman bawah tangga juga cocok untuk Anda yang kehabisan lahan untuk hobi berkebun atau merawat hewan peliharaan. Anda bisa meletakkan berbagai tanaman hias favorit, Anda juga bisa merawat ikan hias kesayangan di taman bawah tangga. 

Mendesain taman bawah tangga, tak selalu harus ribet dan menghabiskan banyak biaya. Taman bawah tangga minimalis nan hemat bisa juga tampil keren. Penasaran, simak 6 inspirasi desain taman bawah tangga rumah minimalis, di bawah ini:


Taman Bawah Tangga di Area Void


cr:instagram/andhiseto

Void adalah ruang kosong yang berada di antara lantai atas dan lantai bawah. Area ini dapat dimanfaatkan untuk membangun taman minimalis di bawah tangga. Berbagai tanaman seperti Anthurium dan Colocasia esculenta (talas) dapat menjadi salah satu sumber sirkulasi udara agar suhu yang berada di dalam ruangan tetap terasa sejuk dan tidak panas.


Taman Bawah Tangga dengan Kolam Ikan Hias


cr:instagram/nirwana8_home

Anda pun bisa mendesain taman dengan kolam ikan hias di bawah tangga. Kolam ikan hias ini dibangun dengan membuat sebagian lahan menjadi landai sesuai dengan kedalaman yang pas untuk ikan hias. Di sekeliling kolam, didesain pijakan kayu untuk membuat ruangan lain tidak basah terkena percikan dari ikan yang berenang. 

Anda bisa mendesain ruang makan bersebelahan dengan kolam ikan hias. Makan sambil melihat ikan yang berenang kesana-kemari, tentu lebih terasa segar dan menyenangkan. 


Taman Mungil di Bawah Tangga


cr:instagram/eliyanti888

Disadari banyak ruang bawah tangga menyisakan sedikit space untuk desain sebuah ruangan. Namun, bukan berarti tidak bisa dimanfaatkan sama sekali. Kita bisa menyulapnya menjadi taman mungil di bawah tangga. Taman ini bisa dijadikan tempat untuk menyimpan tanaman favorit kita. Agar lebih rapi, kita pun bisa memberi pagar mungil di sekeliling taman bawah tangga. Jangan lupa, pastikan untuk memilih jenis tanaman yang bisa hidup dengan pencahayaan alami yang minim. 


Taman Tropikal di Bawah Tangga


cr:instagram/hunianmodern

Tanaman palm sangat kental akan nuansa tropis. Untuk itu, menghadirkannya pada desain taman minimalis di bawah tangga dapat memberikan nuansa kesegaran tropikal. Di atas langit-langit taman dipasang dekorasi lampu dengan kap rustik yang melengkapi tampilan di taman bawah tangga ini. 


Taman Batu Koral di Bawah Tangga Rumah Minimalis


cr:instagram/hunianmodern

Area taman bawah tangga ini memang terbilang cukup besar, namun kita bisa meniru desain taman minimalisnya yang terbilang sederhana. Tanah di bawah tangga dibiarkan terbuka, sehingga bisa ditanami pohon yang rindang. Agar tampilannya terlihat natural estetik, dihamparkan batuan koral putih untuk menutupi tanah-tanah resapan. 

 

Taman Bawah Tangga Minimalis dan Lengkap


cr:instagram/nisaasrg

Taman bawah tangga yang satu ini dikatakan lengkap, sebab bukan hanya terdapat tanaman hias tapi juga kolam air mancur minimalis. Karpet rumput dihamparkan untuk memberikan nuansa hijau yang dominan. Selain itu, air mancur minimalis diletakkan di sudut taman untuk menyejukkan taman ini. Sebagai tips, Anda bisa mendesain atap transparan (skylight) supaya tanaman tetap dapat hidup di taman bawah tangga ini. 


Itulah 6 Inspirasi Desain Taman Bawah Tangga Rumah Minimalis. Anda bisa mendesain taman bawah tangga dengan tampilan sederhana sekalipun, namun tetap dapat memberikan kesejukkan dan kesegaran.


Terimakasih telah selalu stay on pada Homeshabby.com yang memberikan berbagai inspirasi menarik untuk pengalaman baca lebih menarik.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.

Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.

Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.




Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.