Ide Desain Interior Rumah Mungil Asri selalu Sejuk dan Hemat Energi

 

Homeshabby.com -- Siapa sih yang tidak suka tinggal di hunian super nyaman dengan konsep asri menyatu dengan suasana alam sekaligus hemat energi listrik ? Meski terbilang mungil, namun rumah idaman ini bisa jadi salah satu inspirasi menarik buat anda. Khususnya di negara tropis yang harus beradaptasi dengan cuaca yang tidak menentu pasti rumah yang memiliki suasana sejuk serta minimnya konsumsi energi listrik menjadi pilihan buat anda. 

Jika rumah menghadap langsung ke arah barat atau timur, eksterior atau fasad rumah perlu anda siasati dengan secondary skin atau panel tambahan seperti pagar batu alam yang mampu menyerap panas dan pagar dari panel kayu yang menambah suasana teras dan taman menjadi lebih sejuk walaupun saat cuaca panas.

 

Desain Teras Rumah Mungil yang Asri

Teras rumah

Bagian beranda rumah yang memanfaatkan space atau halaman yang lapang sebagai area santai yang menyejukkan bisa anda contoh pada hunian anda. Terlindungi adanya kanopi baja ringan berwarna putih senada dengan palet warna netral pada dinding eksterior yang dikombinasikan dengan jendela kaca yang dilengkapi teralis besi tempa yang cantik.

Semakin terlihat berwarna bagian lantai menggunakan keramik tegel dan seteeping batuan alam serta kerikil berdekatan dengan kolam ikan yang menyegarkan suasana waktu santai anda. Sehingga peletakan kursi dan meja teras bisa berperan sebagai foyer penerima tamu untuk berdiskusi dengan alasan suasana yang lebih kasual melalui pemandangan taman hijau di sekitarnya.


 Desain Interior Family Room yang Cozy

Family room atau TV room

Masuk ke ruang tengah yang digunakan untuk TV room berbatasan langsung dengan living room di bagian depan. Posisi ruang yang sempit serta seringnya aktifitas lalu lalang orang keluar masuk membuat anda tidak perlu menambahkan adanya meja di bagian tengah, ganti meja dengan kehadiran karpet bulu berukuran menyesuaikan space yang bercorak dan sofa long seater untuk teman bersantai sambil menikmati tontonan TV. 

Sedangkan focal point di bagian backdrop TV memanjang memiliki storage yang saving space, dengan warna yang selaras dengan aksen ruang berwarna putih terang bergaya minimalis. Sedangkan kesan asri tetap di perlihatkan melalui pengaplikasian wallpaper foam di sisi dinding dan tanaman indoor sebagai aksen natural.


Desain Musola dan Ruang Santai yang Sejuk dan Hemat Energi

Musholla dan ruang santai semi outdoor

Bergeser ke ruang ibadah yang disatukan dengan area santai dan bermain anak dan anggota keluarga anda, menerapkan konsep semi outdoor dengan kolaborasi model atap kanopi baja dan kanopi tempered glass sebagai akses pencahayaan sinar matahari di siang hari. Di tempatkan di space panjang dan tidak terlalu lebar di bagian samping dengan sliding door untuk penyekat ruang yang hemat energi. 

Musholla di tempatkan di sudut space dengan atap yang tertutup agar lebih tenang namun tetap mendapatkan cahaya alami dari area santai, sedangkan di bagian outdoor bisa di letakkan kursi panjang, rumput sintetis yang lebih safety untuk bagian lantai serta penambahan tanaman gantung maupun hanging lamp sebagai penerangan tambahan saat malam hari. Sehingga suasana di area sempit pun bisa terasa lebih homey dan sejuk untuk aktifitas apa saja.


Desain Interior Kamar Tidur Anak

Kamar tidur anak

Ruang tidur ternyaman bagi si anak dengan konsep yang simple dilengkapi double bed bertingkat yang modelnya tidak akan membuat tempat sempit terasa semakin penuh. Karena modelnya yang multifungsi dan efisien bernuansa monokrom membuat anak lebih nyaman ketika membutuhkan ruang gerak yang bebas. Jendela teralis besi dengan tirai cantik melengkapi desain interior di dekat storage minimalis yang bisa anak gunakan untuk penyimpanan buku ataupun barang kesukaannya, sehingga terkesan lebih rapi, luas dan terang untuk kamar tidur sempit.


Desain Interior Ruang Makan yang Sejuk


Ruang makan

Bersebelahan dengan area semi outdoor sebelumnya tadi, terdapat pemanfaatan ruang open space yaitu dining room dan area kitchen di elemen yang sama. Terfokus pada ruang makan di letakkan di bagian tengah agar mendapatkan penghawaan energi, udara dan cahaya natural secara maksimal dari area santai. Kegunaan sliding door merupakan salah satu interior paling penting pada konsep rumah mungil asri yang hemat energi. Semakin terlihat ceria dan menyenangkan berkat pemilihan set 4 seater stool dengan warna yang berbeda-beda yang lebih stand out.



Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber      : @Sushihome


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.