Desain dan Denah Rumah Bertingkat di Sudut Jalan dan Lahan Miring dengan Garasi Bawah Tanah

 Desain dan denah rumah bertingkat di sudut jalan dan lahan miring

Homeshabby.com -- Punya lahan dengan kontur miring dan berlokasi di sudut sangat berbeda dengan kontur lahan di daerah-daerah pada umumnya sehingga biasanya dihindari orang saat hendak membangun rumah bertingkat. Padahal struktur tanah seperti ini bisa menjadi daya tarik yang berbeda pada hunian anda. Membuat desain rumah minimalis bertingkat di tanah miring memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin di wujudkan. Anggaran biaya pembangunan yang akan lebih rumit, tentu akan berdampak pada naiknya nilai jual rumah tersebut. Nah, mari simak inspirasi desain dan denah rumah bertingkat di sudut jalan dan lahan miring dengan garasi bawah tanah yang bisa anda jadikan referensi :


Tambah samping depan rumah bertingkat

Desain rumah yang terlihat menawan dan nyaman dengan konstruksi bangunan di sudut jalan yang bisa dilihat dari sisi manapun. Memiliki pintu masuk kendaraan dengan 2 sisi yang berbeda untuk area carport luar dan garasi bagian bawah tanah yang terkesan sembunyi. Lahan yang menyerupai bukit kecil dengan perbedaan level yang berbeda, garasi dibuat lebih rendah dibandingkan rumah, dengan ketinggian tanah lebih dari 2 meter dibandingkan dengan jalan utama untuk dibangun garasi bawah tanah yang tampak begitu rapi dan unik dipandang mata.

Desain rumah bertingkat memiliki area balkon yang berhadapan langsung dengan taman hijau di bagian halaman samping rumah berukuran kurang lebih 1,5 x 4 m sudah bisa dijadikan tempat bersantai menikmati pemandangan luar dari lantai 2.


Tampak atas rumah bertingkat di lahan miring

Jenis genteng pada atap juga harus diperhatikan dengan memperhatikan kualitas dan ketahanan dalam perubahan suhu, dapat memantulkan panas dari luar rumah sehingga suasana di dalam ruangan akan menjadi lebih sejuk di dukung juga dengan taman menyamping di halaman yang terkesan asri di padukan dengan treatment batu alam pada permukaan dasarnya. Pondasi untuk lahan miring juga harus menjadi perhatian utama untuk bisa menopang bangunan dengan kokoh dan kuat. Bangunan bertingkat dengan dilengkapi garasi bawah tanah akan menghasilkan desain yang maksimal jika dilakukan oleh jasa kontraktor profesional atau tukang bangunan berpengalaman. 


 Denah ruang lantai bawah

Ukuran lahan yang terletak disudut jalan utama tentu memiliki luas yang berbeda dengan kemiringan yang membuat halaman belakang lebih luas seperti gambar di atas berukuran 8,2 x 16 x 14 m, sehingga cocok jika anda menambahkan garasi di bawah tanah dengan kapasitas 2 mobil dan ketinggian 2 meter berukuran 3,8 x 12 m. Bagian depan carport dan pintu masuk area rumah terdapat pagar batu alam yang membatasi bagian sudut kemiringan dan menyisakan area carport depan yang terbuka berukuran 3,4 x 4,5 m. 

Beranjak ke desain interior lantai 1 terdiri dari bagian teras samping carport masuk ke ruang tamu, dining room dan living room yang open floor dengan panjang 7,5 m. Terdapat bedroom di bagian depan 2,7 x 3,4 m dan bathroom 1,7 x 1,7 m. Di bagian belakang yang tepat di atas basement atau garasi bawah tanah terdapat kitchen 2,5 x 3,8 m, bathroom dan space kosong yang bisa digunakan untuk kolam renang berukruan 3 x 2,5 m dan area laundry 3,8 x 1,5 m.


Denah ruang lantai 2

Sedangkan pada lantai 2 dikhususkan untuk private area yang terdiri dari master bedroom bagian depan dengan fasilitas bathroom dalam dengan ukuran yang lebih besar yaitu 3,7 x 8,2 m. Di bagian tengah menyatu dengan area balkon yang berada di atas taman halaman samping terdapat living room yang open floor. Selain itu, terdapat 2 bedroom berukuran sama yaitu 3,5 x 3,5 m dan bathroom di bagian tengahnya 1,5 x 2 m.

Untuk tanah dengan ketinggian maksimal 2 meter, anda perlu membangun dinding penahan atau pilar dengan pondasi yang kuat agar tidak mudah runtuh ketika terjadi bencana alam. Sebelum merencanakan membangun rumah dengan kontur tanah miring dan lokasi sudut seperti desain rumah ini sebaiknya anda mempersiapkan anggaran biaya yang lebih dengan pemilihan jasa tukang yang sudah berpengalaman untuk menghasilkan desain rumah yang sesuai harapan anda.

Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Instagram @desain_rumah_moder




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.