Engglis Version

Tips Cara Membersihkan Mesin Cuci Agar Terlihat Baru Kembali

Cara membersihkan mesin cuci agar kembali baru


Homeshabby.com -- Mesin cuci di rumah anda mengeluarkan bau yang menyengat ? Itu berarti mesin cuci anda butuh pembersihan secara rutin, terutama jika mesin cuci tersebut memang digunakan setiap hari. Setelah mencuci pakaian kotor bagian dalam mesin dapat ternoda dan aromanya dapat menempel pada dinding mesin cuci dan berpindah ke pakaian anda. Beda mesin cuci, beda pula cara membersihkannya. Lantas, bagaimana cara membersihkannya secara benar berdasarkan jenisnya agar terlihat baru kembali? Simak, tips yang tepat dari homeshabby.com untuk membersihkan mesin cuci berikut ini :


1. Mesin cuci bukaan depan / front load


Mesin cuci front load

Harga yang cukup mahal di pasaran membuat biaya servis mesin cuci jenis front load ini cenderung lebih mahal dibandingkan mesin cuci bukaan atas. Agar lebih tahan lama, bersihkan mesin cuci dengan menggunakan air panas dan cuka putih yang tersedia di rumah anda. Kosongkan mesin cuci terlebih dahulu, tuangkan air panas ke dalam tabung mesin cuci dan jalankan siklus pencucian. Hal ini dilakukan untuk membersihkan residu deterjen yang melekat di bagian dalam tabung mesin.



Membersihkan memakai cuka putih

Buang air panas pada siklus pencucian yang sudah selesai, lalu isi kembali tabung mesin cuci dengan air panas untuk kedua kalinya. Masukkan 2 cangkir cuka putih untuk menghilangkan aroma tak sedap pada mesin cuci. Kemudian jalankan kembali siklus pencucian dan buang kembali air setelah selesai. Bersihkan juga laci deterjen dengan merendamnya dalam wadah air hangat sambil di gosok dengan sikat. Untuk bagian luar seperti pintu mesin dan karet seal bagian dalam menggunakan kain lap yang bisa menyerap debu dan air. Bilas tabung mesin cuci menggunakan selang air dingin dan keringkan dengan handuk kering. 


2. Mesin cuci bukaan atas / Top Load


Mesin cuci top load baik manual maupun otomatis

Terdapat 2 model mesin cuci top load, yaitu 1 tabung otomatis dan 2 tabung semi otomatis yang harus memindahkan pakaian dari tabung pencucian ke tabung pengeringan secara manual. Namun cara membersihkannya hampir sama dengan menggunakan air panas, cuka putih dan baking soda yang sangat mudah ditemukan dimana saja. Seperti halnya dengan front load, kosongkan mesin cuci terlebih dahulu sebelum membersihkannya. Lalu isi tabung pencucian dengan air panas lalu jalankan siklus pencucian secara normal.


Membersihkan mesin cuci dengan baking soda

Siklus pencucian pertama selesai, buang air dan isi kembali menggunakan air panas seperti langkah pertama. Tambahkan 3,5 cangkir cuka putih dan 1/2 cangkir baking soda. Jalankan kembali mesin cuci selama 30 menit lalu diamkan selama 30 menit sampai 1 jam kemudian. Keluarkan air larutan setelah perendaman kemudian isi kembali dengan air biasa dan bilas agar aroma yang melekat akan hilang. Buanglah air bilasan kemudian lap dengan kain lembab ke seluruh bagian dalam tabung untuk membersihkan sisa deterjen yang masih menempel.

Untuk pembersihan bagian pengering mesin cuci 2 tabung hanya menggunakan lap air hangat karena jika tabung pengering di isi menggunakan air yang terlalu rutin justru dapat merusak mesin cuci berbeda dengan top load yang sekaligus menyediakan tabung pengering sebagai tabung untuk membilas pakaian.

Note : Lakukan pembersihan setiap 1-2 kali dalam sebulan. Gunakan deterjen khusus mesin cuci agar tepat membersihkan pakaian dan formulanya memang sudah disesuaikan dengan proses pencucian memakai mesin cuci. Penggunaan deterjen cair lebih menjaga ketahanan awet dari mesin cuci dibandingkan dengan serbuk deterjen.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adlah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips an trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur rumah.