Cara Ciptakan Desain Ruang Tamu Sejuk dan Teduh Untuk Rumah Minimalis

Cara ciptakan ruang tamu yang sejuk dan asri di rumah minimalis by Helloshabby.com

Helloshabby.com -Ruang tamu adalah bagian yang sangat penting di dalam sebuah rumah. Mulai dari tempat berkumpul bagi anggota keluarga, tempat menyambut kedatangan para tamu sampai tempat beraktivitas di akhir pekan. Karena itu, desain ruang tamu adalah salah satu hal yang perlu kamu perhatikan.

Mungkin bagi sebagian orang, desain ruang tamu mau seperti apapun sama saja. Akan tetapi, perbedaan warna atau dekorasi sedikit saja, bisa menghasilkan perbedaan yang signifikan. Contohnya saat kita membahas trend rumah tahun lalu, kamu bisa melihat adanya gaya desain rumah yang beragam mulai dari pemilihan warna, material sampai produk yang menjadi titik fokus ruangan.

Aktivitas masyarakat di kota-kota besar saat ini umumnya disibukkan dengan pekerjaan dan berbagai rutinitas yang membuat kepala pusing dan penat. Belum lagi jalanan yang kerap kali macet dan cuaca yang tak menentu sehingga membuat orang semakin lelah. Karena itu ketika kembali ke rumah, tentunya kamu ingin mendapatkan suasana yang damai dan menenangkan.

Terinspirasi dari fenomena tersebut, Kania ingin menghadirkan desain ruang tamu yang sejuk dan teduh. Dengan demikian, penghuninya pun merasa ketenangan hati setiap tiba di rumah.

Ingin memahami lebih lanjut soal desain ruang tamu yang sejuk dan teduh? Yuk, simak beberapa tips Kania di bawah ini.

1. Desain Ruang Tamu dengan Tanaman Palsu yang Segar

Meskipun namanya tanaman palsu, tapi bukan berarti tanaman ini tidak ‘segar’ loh. Justru sebaliknya, tanpa perlu dirawat secara khusus, tanaman ini bisa segar sepanjang masa, hihi. Maksudnya Kania, tanaman ini nggak bakal layu dan akan hijau terus sepanjang kita masih rajin mengelapnya dari debu-debu yang menempel.

Tetapi bukan berarti Kania nggak menyarankan tanaman asli loh. Kamu mungkin bisa memulai dengan tanaman yang perawatannya mudah seperti kaktus dan sukulen. Oh iya, tanamannya juga nggak perlu berlebihan ya. Kalau area ruang tamu kamu tidak terlalu besar, sesuaikan saja jumlah dan ukurannya.


2. Desain Ruang Tamu dengan Lilin Aromaterapi yang Wangi

Tidak dapat dipungkiri, aroma yang wangi dan segar dapat memberikan efek ketenangan bagi penghuni rumah. Bahkan kemarin Kania sempat share cara menghilangkan stres dengan membuat parfum aromaterapi sendiri. Kalau mau, kamu bahkan bisa menggunakan aromaterapi tersebut untuk menyemprot ruangan.

Nah, kalau kamu nggak mau repot, kamu juga bisa membeli saja sebuah diffuser dan meneteskan beberapa tetes essential oil. Sedangkan kalau kamu ingin menghadirkan suasana yang lebih hangat dan tenteram, kamu bisa memakai lilin aromaterapi. Adanya percikan api dan cahaya juga bisa membuat suasana lebih romantis loh, hihi.


3. Desain Ruang Tamu dengan Bantal yang Empuk


Berbicara soal ruang tamu, tentunya sofa selalu menjadi fokus utama. Namun, apalah artinya sofa tanpa kehadiran bantal-bantal yang empuk. Kania suka sekali dengan bantal sofa. Selain berguna secara dekoratif, bantal juga sangat fungsional. Saat kelelahan, kamu bisa bersantai sambil memeluk bantal atau menjadikannya sandaran kepala.

Sebagai elemen dekorasi, padu padankanlah sarung bantal dengan warna yang saling melengkapi satu sama lain. Misalnya seperti paduan warna hijau, putih dan biru yang merupakan warna yang teduh.


4. Desain Ruang Tamu dengan Karpet yang Lembut

Selain bantal, karpet adalah elemen dekorasi yang cocok untuk memberikan sentuhan warna di ruang tamu. Karpet ini tidak hanya digunakan sebagai alas duduk di lantai ataupun tempat menghangatkan kaki ketika kedinginan loh. Dengan adanya karpet, pembagian antar ruangan dapat lebih terasa meskipun tanpa dinding ataupun tirai.

Supaya cocok dengan tema yang sejuk dan teduh, coba pilih warna hijau seperti karpet ini ya. Motif geometris yang modular dari karpet tersebut juga cocok bagi kamu yang ingin mengikuti tren desain interior 2017, hihi.


5. Desain Ruang Tamu dengan Hiasan Dinding yang Teduh

Terakhir, kamu bisa menambahkan hiasan di bagian dinding ruang tamu kamu. Untuk ruang tamu yang terdapat di apartemen atau rumah kecil, mungkin tidak memiliki area yang terlalu luas. Karena itu, Kania sarankan untuk tidak memasang hiasan dinding yang terlalu besar atau terlalu banyak karena akan memberikan kesan yang ramai.

Jika kamu ingin memberikan kesan yang lebih minimalis, sebaiknya kamu memajang hiasan dinding dengan ukurang yang sedang saja misalnya seukuran 30×40 cm. Untuk jumlahnya, Kania cukup puas dengan 2 buah saja.

Jadi, sudah siap untuk memberikan sentuhan suasana yang menyegarkan untuk desain ruang tamu kamu? Dengan 5 elemen dekorasi di atas, kamu bisa membuat ruang tamu biasa menjadi semakin sejuk dan teduh. Cara ini bahkan bisa dipraktekkan untuk kamu yang tinggal di rumah kontrakan loh. Kamu juga bisa mengecek ide desain ruang tamu lainnya di link tersebut.

Jangan lupa SHARE artikel ini dengan teman-teman kamu yang tinggal di apartemen atau rumah kecil ya. Siapa tahu mereka sedang membutuhkan sesuatu yang sejuk dan teduh di rumah.