Tips Menata Rumah Kecil Bisa Terasa Luas dan Puas

 
Tips Menata Rumah Kecil Bisa Terasa Luas dan Puas

Homeshabby.com -- Membeli atau memiliki rumah berukuran kecil sering jadi pilihan untuk pasangan muda baru menikah karena harga yang relatif terjangkau. Persoalan yang mungkin sering terjadi adalah ruangan kecil sehingga membuat pemiliknya pusing akan penataan. Area terbatas dapat membuat kesulitan dalam penataan dan pemilihan perabotnya. Anda perlu tips dan beberapa cara untuk memaksimalkan rumah kecil yang luas dan menarik. Simak Tips Menata RUmah Kecil Bisa Terasa Luas dan Puas di bawah ini:


Teras minimalis dengan fungsional lebih


Area pertama yang mungkin bisa anda jadikan tempat paling menarik untuk taman adalah teras. Rumah tanpa lahan akan membuat anda kebingungan dalam hal penataan tanaman hias. Oleh karenanya, teras ini merupakan solusi yang tepat. Cukup atur dengan rapi menggunakan rak, pilih warna pot yang sama dan pastikan pilih jenis tanaman yang mudah perawatannya.


Jika perlu gunakan teras untuk ruang tamu outdoor


Rumah kecil bisa membuat interiornya tampak mungil jika ruangnya penuh dengan perabot. Atas dengan pengalihan fungsional ruang tamu yang biasanya di letakkan di dalam ke area teras. Cara ini juga efektif mengatasi kesan sempit di dalam ruangan. Anda bisa menggunakan perabot ringkas seperti kursi dan meja rotan. 


Pilih perabot multifungsi


Masalah utama yang sering dihadapi saat memiliki ruang kecil adalah banyaknya perabot dan penataan yang tidak pas. Hal ini bisa anda atasi dengan penataan ruang yang menggunakan perabot multifungsi misalnya seperti rak tanaman yang bisa sekaligus untuk tempat dekorasi. Gunakan warna senada dengan interior supaya tampak bersih.

Minimalisir dekorasi ruangan


Cara menata interior rumah yang sempit dan tidak begitu luas adalah dengan meminimalisir penggunaan dekorasi. Banyaknya dekorasi pada ruangan bisa menjadi penyebab interior tambah berantakan dan terlihat penuh. Misalnya anda bisa mengurangi perabot pada bagian dinding, membedakan fungsional ruang seperti konsep lesehan dan menggunakan karpet berbeda untuk kesan yang jelas dan lebih luas.


Kurangi penggunaan sekat pada ruangan



Cara mudah lainnya yang bisa anda terapkan untuk ukuran ruang kecil adalah mengabaikan penggunaan sekat ruang. Ini merupakan  salah satu cara yang paling sering diterapkan pada kebanyakan hunian. Karena dengan sekat ruangan dapat memberikan jarak pandang yang dekat sehingga kesan luas tidak akan terlihat. 


Pilih penyimpanan vertikal/manfaatkan bagian dinding


Area yang sering terlihat penuh perabot adalah dapur dan menghabiskan banyak space. Untuk mengatasinya, anda bisa memaksimalkan bagian dinding ruang dapur. Seperti yang terlihat, meski tanpa kabinet atas menambahkan sebagian dinding dengan rak terbuka akan cukup menambah banyak tempat perabot sehingga dapur tertata rapi dan memudahkan anda menemukan barang.

Gunakan cat interior minimalis


Hal lain yang sangat berpengaruh pada rumah kecil adalah cat. Mungkin ini sangat sepele dalam memilih warna cat, tapi pada kenyataannya sangat berpengaruh bagi ruang kecil jika cat yang digunakan tidak tepat. Agar interior tidak tampak kecil, menggunakan warna cat yang bersih akan membuat tampilan jadi lebih bersih. Kesan luas dan lega pada ruangan bisa dirasakan serta kombinasikan dengan perabot kayu untuk memberikan vibes hangat.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Dekorasi Rumah Impian Keluarga



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.