Cara Mengatur Dekorasi Ruang Tamu Rumah Kecil Agar Terasa Luas Dan Nyaman

Ruang tamu dengan cat yang cerah membuat terasa lega walaupun ukuranya kecil

Helloshabby.com  Dulu, rumah yang nyaman identik dengan rumah besar dan halaman luas. Suatu hal yang kini jarang dijumpai karena populasi manusia terus bertambah dan lahan semakin terbatas. Tinggal di rumah sempit atau apartemen jadi pilihan banyak keluarga masa kini. Meski demikian, tidak berarti kita tak bisa hidup nyaman di rumah sempit.

Tidak perlu khawatir Bunda. Bunda bisa mempraktikkan langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan rumah yang terlihat luas, walaupun ukuran sebenarnya tidak terlalu besar.




1. Ruang terbuka dan menyatu dengan ruangan lainnya


Misalnya Ruang keluarga biasanya berdekatan dengan ruang makan, jadi sebaiknya tidak perlu ada dinding pemisah antara dua ruangan ini. Sehingga baik ruang makan dan ruang keluarga sama-sama terlihat luas. Kedua ruang ini termasuk ruang privat yang hanya digunakan oleh pemilik rumah atau keluarga dekat, jadi tidak masalah kalau tidak ada pembatas di antara keduanya.

Sebagai pemisah ruang, Bunda bisa menambahkan karpet di bawah sofa untuk penanda ruang keluarga, atau meletakkan bufet kecil di antara kedua ruangan. Jadi walaupun kedua ruangan ini menyatu, tetap terbentuk batasan ruang yang memisahkannya.

2. Memilih perabotan yang sesuai

Pilih sofa yang minimalis, dan tidak perlu meletakkan sofa dengan jumlah yang banyak. Satu sofa panjang sudah cukup. Jika yang menggunakan ruang keluarga berjumlah banyak, bisa ditambah dengan karpet dan bantalan supaya bisa duduk di lantai.



Pilih furniture yang multifungsi, misalnya sofa dengan laci di bagian bawahnya. Laci ini bisa berfungsi untuk menyimpan majalah atau koleksi buku-buku Bunda. Jadi bisa mengurangi jumlah furniture dan membuat ruangan terlihat rapi dan luas.
Rumah yang kecil bukan berarti tidak boleh sama sekali diisi dengan furniture yang besar. Bunda bisa saja menggunakan rak buku besar yang menyentuh langit-langit ruangan. Rak ini justru akan memberi kesan ruang yang tinggi dan luas. Susun buku-buku di rak dengan rapi. Misalnya saja, susun mengelompok berdasarkan warna supaya lebih menarik.

3. Warna cat yang terang


Pilih warna cat ruang yang terang dan cerah, misalnya warna putih. Warna ruangan yang cerah memberi kesan bersih dan luas. Sesuaikan juga warna furniture dengan warna cat dinding. Misalkan warna cat dinding di ruang keluarga Bunda adalah putih, maka Bunda bisa memilih warna furniture yang tidak terlalu jauh berbeda dengan warna putih, seperti abu-abu muda.

Hindari memilih cat dinding dengan warna gelap, karena warna gelap memberi kesan kusam dan membuat ruangan menjadi tampak sempit.

Semoga bermanfaat ya bunda tips Cara Mengatur Dekorasi Ruang Tamu Rumah Kecil Agar Terasa Luas Dan Nyaman. Jangan lupa follow instagram @hello.shabby atau klik www.helloshabby.com untuk dapatkan aneka barang - barang shabby chic