7 Inspirasi Tempat Shalat untuk Rumah Minimalis

Homeshabby.com -- Memiliki rumah idaman merupakan suatu anugerah yang patut disyukuri. Salah satu upaya untuk mensyukurinya yaitu dengan menghadirkan tempat sholat dalam suatu hunian. Meskipun dengan rumah yang minimalis, keberadaan tempat shalat tetap bisa diwujudkan dengan memperhatikan penataan yang tepat. Mengingat fungsinya yang sangat berkaitan erat dengan kehidupan dan merupakan sarana dalam rangka bersyukur kepada sang pencipta, tempat shalat dirasa perlu untuk diwujudkan dalam suatu hunian. Tempat shalat tidak perlu menghabiskan space yang banyak apabila dapat diatur sedemikian rupa. Berikut ini Homeshabby.com akan memberikan 7 Inspirasi Tempat Shalat untuk Rumah Minimalis yang bisa anda terapkan pada hunian kesayangan.

Pemilihan Sekat Antar Ruangan
detikapatra
Tempat shalat ini bisa digunakan untuk shalat berjamaah dengan kapasitas yang cukup untuk keluarga kecil anda. Penggunaan sekat dengan setengah tembok yang dikombinasikan dengan sekat kayu dengan motif kubus yang memberikan kesan terbuka dengan rungan lainnya. Penggunaan rak pada tempat shalat ini menggunakan rak dengan papan yang menempel pada dinding untuk menghemat space yang dimiliki.
 
Tambahan LED Strip

rumahcits
Tempat shalat pada ide yang satu ini menggunakan LED strip pada beberapa bagiannya. penggunaan LED strip yang ditempatkan pada area tempat shalat ini akan menambah kesan yang hangat dan mewah. Selain itu dominasi material kayu yang membedakan dengan area yang lainnya merupakan ide yang sangat cerdas untuk diikuti. Lantai yang lebih tinggi daripada area lainnya akan menjaga tempat shalat lebih bersih dan suci.
 
Penempatan Tempat Shalat di Depan Jendela

onyah.pingky
Pemilihan tempat shalat pada area kecil di dekat jendela akan memberikan kesan ruangan lebih luas dan terang dengan pencahayaan yang cukup dari luar melalui jendela yang ditempatkan pada area ruangan shalat ini. Gunakan gorden jendela pada tempat shalat ini dengan pilihan yang polos, hindari pilihan gorden dengan motif agar shalat mu tetap fokus tanpa teralihkan oleh gorden yang memiliki motif.

Permainan Cermin agar Lebih Luas

myla.place

Pada tempat shalat ini pemilihan cermin sangat menguntungkan untuk ilusi ruangan yang lebih luas. Dengan penggunaan cermin yang dipasang pada sudut yang tepat akan memberikan refleksi dengan efek ruangan yang tampak lebih luas, sehingga bukan suatu masalah yang besar apabila memiliki tempat shalat dengan lahan yang terbatas.

Dekorasi dengan Nuansa Kuffi

rumahkusniati87

Penggunaan dekorasi dengan konsep kuffi akan memberikan nuansa islami lebih menonjol. Selain itu desain kuffi ini akan memberikan identitas yang lebih jelas mengenai fungsi dari ruangan ini sebagai tempat shalat dan juga sebagai tanda untuk kiblat pada rumah. Namun hindari penggunaan dekorasi yang berlebihan pada area kiblat untuk menghindari tidak khusyu' nya ibadah yang sedang dilakukan.

Nuansa Mewah di Tempat Shalat Minimalis

via / musholarumah
Meskipun berada pada lahan yang cukup terbatas, maka tidak menghilangkan kesan yang ingin ditampilkan dalam suatu rumah. Desain tempat shalat ini menggunakan interior yang membuat ruangan tampak lebih classy dan mewah. Gunakan interior pada sudut ruangan yang menampilkan pantulan ruangan agar tampak lebih mewah dan luas. Selain itu pemilihan lampu gantung juga dapat memberikan tampilan mewah jauh lebih menonjol meskipun ruangan yang anda miliki cukup minim.

Penggunaan Lantai yang Lebih Tinggi dari Area Sekitarnya
novi_nurvajri
Tempat shalat ini meskipun memiliki tempat yang kecil namun tetap memperhatikan fungsi utama sebagai ibadah yang harus tetap terjaga kesuciannya dengan membuat lantai tempat shalat lebih tinggi daripada area yang lainnya. Penggunaan dinding dengan nuansa batu alam akan membatu area shalat ini lebih memiliki variasi dan tentunya lebih cantik.

Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.




Penulis  : Hafidza
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.