6 Ide Desain Tempat Nongkrong Keluarga Asyik di Rooftop Rumah

 

Homeshabby.com -- Ingin memiliki cozy area untuk nongkrong bersama keluarga di rumah ?  Rooftop garden jawabannya. Rooftop merupakan area datar yang berada di bagian paling atas bangunan rumah anda, khususnya hunian bertingkat atau rumah lantai 1 yang memiliki atap dak cor yang kosong. Atap kosong bisa anda manfaatkan sebagai area rooftop dengan taman atap yang hijau serta berbagai interior pendukung agar menjadi tempat terfavorit keluarga untuk berkumpul. Area ooutdoor dengan cahaya dan pemandangan sekitar rumah bisa dinikmati dari rooftop sehingga cocok untuk anda jadikan tempat nongkorong keluarga sambil menghabiskan akhir pekan bersama-bersama. Semakin penasaran contoh desainnya ? Berikut inspirasinya untuk anda :

Membangun area rooftop garden untuk tempat berkumpul dan bersantai tidak perlu harus menyediakan media tanah yang sangat menyulitkan pekerjaan anda. Cukup desain taman kering yang dilengkapi rumput sintetis untuk menutupi keseluruhan lantai dan mampu mencerminkan aspek luas dari space yang ada. Sedangkan untuk pelindung, anda bisa menambahkan railing besi vertikal yang ramah anak dan kanopi baja ringan agar bisa menyamarkan panas matahari yang terlalu ekstrim. Lengkapi taman rooftop dengan model meja dan kursi santai yang saving space serta tanaman pada pot yang easy maintenance agar suasana semakin cozy.

Selain kehadiran kanopi, anda juga bisa berkreasi menciptakan dinding teralis besi sebagai display tanaman gantung ataupun rambat yang mampu menghijaukan area rooftop serta menyamarkan cahaya matahari apalagi jika posisinya menghadap timur ataupun barat. Model railing pagar permanen dengan ketinggian kisaran 1 meter tidak akan membuat kesan area berkumpul menjadi tertutup, cahaya tetap bisa masuk namun privasi juga lebih terjaga. Tambahkan berbagai jenis tanaman pot kecil dari bahan tanah liat serta alas lantai dari rumput hijau sebagai tempat lesehan saat berkumpul asik bersama keluarga dan teman-teman.

Ide desain tempat nongkrong keluarga asik di rooftop rumah kali ini lebih unik, karena selain dilengkapi 2 kursi santai juga terdapat kursi ayunan serta teepee tent sebagai teman anak anda saat bermain dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Berbicara mengenai desain, menonjolkan bagian atap yang dirancang sedemikian rupa membentuk pola-pola garis yang menyatu dengan pilar dinding dari material batu-bata finishing. Pagar pembatas tetap ada menggunakan besi hollow hitam serta beberapa tanaman lidah mertua sebagai sekat hijau yang natural. Rooftop nampak lebih lapang sehingga aktifitas santai juga semakin nyaman.

Desain rooftop garden untuk area berkumpul sangat membutuhkan suasana homey yang mampu memberikan kenyamanan yang hakiki bagi penghuninya. Desain taman kering dengan berbagai jenis tanaman pada pot yang tertata epik ini juga bisa anda tambahkan kolam ikan hias minimalis agar terkesan lebih berbeda dari desain rooftop pada umumnya. Namun, tetap perhatikan dalam proses pembuatan kolam, size juga harus lebih kecil agar lantai bisa menopang berat dari kolam tersebut.


Desain cantik pada area taman bermain dan berkumpul ini bisa menjadi pilihan inspirasi buat anda di rumah. Lantai tetap memanfaatkan rumput sintetis agar kesan hijau lebih ditonjolkan, sedangkan untuk media tanam planter bisa menambahkan tanaman kaktus pada pot yang tertutup oleh display rotan yang nampak rustik. Area rooftop yang nyaman dan ramah anak, salah satunya menambahkan beberapa mainan kesukaan anak, serta pemilihan kursi santai dengan size menyesuaikan space.

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis      : Imka
Editor         : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.